Text
Hypnoteaching untuk PAUD dan TK
Bibliografi : hlm. 276-278
Daftar isi
Bagian 1. Hypnoteaching secara umum
1. Pemahaman dasar hypnoteaching
2. Tahapan dan jenis hypnoteaching
Bagian 2. Hypnoteaching untuk PAUD
1. Hypnoteaching playing method
2. Hypnoteaching telling method
3. Hypnoteaching education method
4. Hypnoteaching simple project method
Bagian 3. Hypnoteaching untuk TK
1. Hypnoteaching circle time method
2. Hypnoteaching demonstration method
3. Hypnoteaching debriefing method
4. Hypnoteaching awarding duties method
Abstrak
Buku ini terbagi dalam tiga bagian. Pada bagian pertama, dijelaskan tentang ilmu hypnoteaching, mulai dari pengertian, sejarah, ideologi, prinsip kerja, hingga tahapan-tahapan dan jenis-jenisnya. Pada bagian kedua dan ketiga, dibahas tentang cara praktik hypnoteaching di dalam kelas dengan ulasan yang lebih detail.
Secara bahasa, hypnoteaching adalah sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan teknik-teknik yang berlaku dalam hipnosis. Ini artinya, guru mempraktikkan hypnoteaching sama seperti para pelaku hipnotis yang menghipnotis subyek dengan tujuan-tujuan yang mengarah pada pencapaian tujuan belajar. Hypnoteaching yang dibahas dalam buku ini adalah hypnoteaching terapan, yang merupakan pengembangan pemahaman penulis selama mempelajari ilmu hipnotis.
Buku ini menunjukkan bahwa hypnoteaching adalah metode pembelajaran yang paling efektif untuk diterapkan di sekolah PAUD dan TK, yang tujuan utamanya tidak lain untuk “mendiamkan” siswa di tengah proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji metode hypnoteaching, guru yang menerapkan metode ini di kelas, lebih dapat mengatur siswa dibanding yang menggunakan metode lain.
Hypnoteaching merupakan bagian (cabang) dari ilmu hipnotis, yang dalam teorinya telah dipelajari lebih dari 200 tahun. Kata hypnoteaching sendiri berasal dari gabungan kata “hypnosis” dan “teaching” yang secara bahasa dapat diartikan sebagai metode pembelajaran dengan menggunakan teknik-teknik yang berlaku dalam hipnotis.
Dari segi makna, hypnoteaching dapat dikatakan sebagai suatu keahlian untuk memasukkan “pesan” ke dalam alam bawah sadar siswa sehingga siswa tersebut tergerak atau termotivasi untuk mengikuti pesan tersebut. Pesan yang dimaksudkan adalah sugesti berisi serangkaian kalimat verbal yang diucapkan oleh guru kepada siswa dengan tujuan-tujuan yang mengarah pada pencapaian tujuan pembelajaran.
Seorang guru yang mampu mempraktikkan hypnoteaching kepada siswa PAUD dan TK disebut hypnoteacher. Sedangkan guru yang sudah ahli dalam mempraktikkan hypnoteaching disebut master hypnoteaching. Tahapan formal hypnoteaching adalah : pre-talk interview, yakni penjelasan awal hypnoteaching, selanjutnya tahapan uji sugestibilitas, yakni untuk mengetahui apakah siswa sudah berada dalam kondisi relaksasi ringan atau belum. Berikutnya adalah tahapan induction, yakni teknik untuk membimbing siswa menuju kondisi trance hypnoteaching. Tahapan deepening merupakan kelanjutan dari tahapan induction, setelah itu tahapan suggestion dimana pikiran bawah sadar siswa diberi sugesti yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tahapan akhir adalah termination, merupakan tahapan yang membangunkan siswa dari kondisi tidak sadar.
Jenis-jenis hypnoteaching untuk siswa PAUD adalah : hypnoteaching playing method, hypnoteaching telling method, hypnoteaching education method, dan hypnoteaching simple project method. Sedangkan jenis hypnoteaching untuk siswa adalah : hypnoteaching circle time method, hypnoteaching demonstration method, hypnoteaching debriefing method, dan hypnoteaching awarding duties method. Jenis hypnoteaching telling method memiliki “nilai” lebih dibandingkan jenis-jenis hypnoteaching untuk PAUD yang lain.
0000150121 | 372.241 Per h | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000151681 | 372.241 Per h | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000163540 | 372.241 Per h | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000164683 | 372.241 Per h | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain