Text
Perilaku anak prasekolah : masalah dan cara menghadapinya
Daftar isi
Pendahuluan
Bagian I. Konsep umum perkembangan
Bab 1 Tinjauan umum teori perkembangan anak
Bab 2 Perkembangan khas anak usia TK
Bab 3 Identifikasi permasalahan perkembangan
Bagian II. Permasalahan perkembangan anak dan intervensi
Bab 4 Agresivitas
Bab 5 Kecemasan
Bab 6 Temper tantrum
Bab 7 Hiperaktivitas
Bab 8 Sulit toleransi
Bab 9 Gagap
Bab 10 Menarik diri (withdrawal)
Bab 11 Enuresis (mengompol) dan encopresis (buang air besar di celana)
Bab 12 Berbohong
Bab 13 Keberbakatan
Bab 14 Malnutrisi
Bab 15 Menangis berlebihan
Bab 16 Bergantung
Bab 17 Pemalu
Bab 18 Takut
Abstrak
Rentang usia 4 sampai dengan 6 tahun merupakan tahapan yang disebut usia prasekolah. Lembaga pendidikan prasekolah adalah lembaga yang membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikologis anak didik di luar lingkungan keluarga. Salah satu ciri khas perkembangan psikologis pada usia ini adalah mulai meluasnya lingkungan sosial anak. Permasalahan yang ada di lapangan adalah tidak semua anak dapat melewati proses perkembangan dengan baik. Oleh karena itu yang patut diwaspadai adalah gejala-gejala hambatan atau permasalahan perkembangan yang timbul pada anak.
Kerangka buku ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama bertujuan untuk menyajikan penjelasan tentang konsep-konsep perkembangan anak usia TK berdasarkan teori perkembangan dan pendidikan anak usia dini. Bagian kedua memberikan ulasan tentang berbagai permasalahan yang sering timbul di lingkungan prasekolah, serta intervensi dasar yang dapat dilakukan oleh pendidik TK.
Bab satu mengulas konsep umum perkembangan individu yang menguraikan dasar-dasar pikiran dari para ahli yang berkenaan dengan perkembangan dan pendidikan anak usia dini beserta faktor-faktor yang mempengaruhi jalannya proses perkembangan. Pada bab ini juga memberikan gambaran tentang peran Taman Kanak-kanak terhadap perkembangan anak usia 4 sampai 6 tahun, serta uraian tentang tugas perkembangan yang harus dilakukan dalam menjalani usia tersebut.
Bab dua memaparkan perkembangan yang spesifik pada anak usia TK, yakni perkembangan fisik dan motorik, perkembangan intelektualitas, emosi, serta perkembangan sosial dan moral. Uraian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku anak menjadi penutup paparan pada bab ini.
Bab tiga mengarah pada permasalahan perkembangan anak, yakni langkah-langkah deteksi dini. Diawali dengan menguraikan penjelasan teoritik tentang perkembangan normatif dan masalah perkembangan. Tujuan dari bab ini adalah agar para pendidik memiliki dasar pemahaman tentang batasan antara perkembangan normal dan masalah-masalah perkembangan. Selanjutnya adalah langkah-langkah pengumpulan data oleh pendidik, beserta contoh alat yang dapat digunakan.
Bab empat dan selanjutnya akan mengulas masalah-masalah perkembangan secara spesifik. Bentuk-bentuk permasalahan adalah agresivitas, kecemasan, temper tantrum, hiperaktivitas, gangguan pemusatan perhatian, dan lain-lain. Uraian meliputi pengertian umum, penyebab gangguan, gejala yang diamati, pengaruh gangguan terhadap perkembangan anak, dan intervensi yang perlu dilakukan.
0000162484 | 155.4 Izz p | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000163370 | 155.4 Izz p | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000162358 | 155.4 Izz p | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000162362 | 155.4 Izz p | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain