Text
Manajemen strategis syariah : teori, konsep dan aplikasi
Bibliografi : hlm. 318 -325
Daftar isi
Bab 1. Pendahuluan
a. Permasalahan manajemen modern
b. Mengapa perlu manajemen strategi syariah?
c. Manajemen Islami menghasilkan kinerja terbaik
Bab 2. Kritik terhadap teori manajemen modern
a. Manajemen sebagai ilmu
b. Paradigma baru tingkatan manajemen
c. Kegagalan teori manajemen modern
d. Teori manajemen dan keruntuhan ekonomi kapitalis
e. Paradigma baru: manajemen spiritual
f. Manajemen Islami
g. Kerangka teori manajemen strategis
h. Kritik terhadap manajemen strategis
i. Manajemen strategis (perspektif) syariah
Bab 3. Analisis manajemen strategis syariah
a. Model manajemen strategis syariah
b. Keunggulan manajemen strategis syariah
c. Teori-teori manajemen strategis syariah
d. Rencana strategis syariah (sharia strategic plan)
e. Analisis lingkungan
f. Analisis syariah
g. Formulasi / perumusan strategi
h. Implementasi strategi
i. Pengendalian strategi
Bab 4. Langkah-langkah penyusunan manajemen strategis syariah (MSS) dalam praktik
a. Sekilas tentang perusahaan dengan bisnis aneka usaha
b. Visi, misi dan tujuan PT X
c. Analisis lingkungan
d. Analisis persaingan
e. Analisis syariah
f. Perumusan strategi perusahaan
g. Pilihan strategi PT X
h. Implementasi strategi
i. Pengendalian dan evaluasi strategi
j. Hasil dan prestasi manajemen PT X
Bab 5. Pengendalian dan evaluasi MSS
a. Perlunya pengendalian strategi
b. Balance scorecard plus sebagai metode pengukuran komprehensif
c. Langkah-langkah pengukuran kinerja manajemen strategis syariah dengan BSC-Plus
Abstrak
Dalam buku ini, penulis menyajikan suatu model dan teori manajemen strategis syariah (MSS) yang menerapkan karakter-karakter bisnis yang berorientasi dan berazaskan Islam (Tauhid), dengan pilihan strategi yang diyakini membawa maslahat buat umat, dimana konsep-konsep kemitraan (mudharabah, musyarakah), persaudaraan (ukhuwah), berlomba dalam kebajikan (fastabiqul khairat), pertimbangan halal-haram, dosa dan pahala, meraih keberkahan, ridha Allah (mardhatillah), guna mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat, inilah yang seharusnya menjadi semangat pendorong (motivasi) dalam mengelola sebuah organisasi/perusahaan.
Bab pertama membahas tentang masalah yang muncul dalam implementasi manajemen modern, teori manajemen baru yang dihasilkan dari tiga kata kunci yakni, manajemen, strategis, dan syariah yang terpadu secara utuh (integrated). Manajemen baru tersebut diberi istilah Manajemen Strategi Syariah. Bab kedua membahas tentang mengapa manajemen modern dianggap gagal, teori manajemen dan keruntuhan ekonomi kapitalis, manajemen strategi syariah (MSS) sebagai paradigma baru manajemen strategis, dan apakah MSS tersebut mampu menghasilkan kinerja terbaik.
Bab ketiga berisi analisis manajemen strategis syariah (MSS), mengupas lebih dalam pengertian secara teori maupun implementasi dari manajemen strategis syariah tersebut. Bab ke-empat membahas langkah-langkah penyusunan manajemen strategis syariah dalam praktik, disebutkan juga contoh kasus pada perusahaan PT X. Bab terakhir membahas tentang pengendalian dan evaluasi dari manajemen strategis syariah, menjawab pertanyaan tentang mengapa banyak perusahaan gagal menjalankan atau mengimplementasikan strategi, bagaimana mengukur dan mengevaluasi kinerja MSS, apakah balanced scorecard plus dapat menghasilkan kinerja MSS terbaik.
0000163297 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain