Text
Cara berbicara kepada setiap orang dalam setiap situasi
Daftar isi :
1. Rahasia berbicara dengan penuh percaya diri kepada siapa saja
2. Semua tentang anda
3. Dasar percakapan
4. Cara menjalin simpati dan berhubungan dengan siapa saja
5. Bagaimana anda bisa berbicara dengan siapa saja di tempat kerja
6. Cara berbicara dengan setiap orang dalam situasi sulit
7. Kapan saatnya menutup mulut
8. Cara berbicara jika anda ingin menjadi pusat perhatian
Abstrak
Buku ini berisi ide dan latihan praktis. Dua bab pertama memberikan dasar untuk merasa percaya diri dalam pergaulan. Bab ketiga dan keempat membentuk kesan pertama yang baik, dan memberika strategi serta teknik untuk memasuki setiap percakapan dan membangun jalinan rasa simpati yang efektif dengan orang lain. Sedangkan dalam bab kelima dan keenam, menyajikan segudang ide untuk menangani beragam persoalan di tempat kerja sekaligus menangani “situasi sulit”. Bab 7 mengajarkan untuk tidak berkata apapun pada saat yang diperlukan, dan bab terakhir membahas apa yang diperlukan untuk menjadi populer di mata orang lain.
Perbedaan antara orang yang percaya diri dengan yang tidak dapat disaring menjadi empat bidang utama, yakni tahu bagaimana berpikir, tahu apa yang diinginkan, tahu bagaimana harus percaya diri, dan tahu apa yang harus diperbuat. Orang yang percaya diri memiliki sejumlah keyakinan saat menemui orang baru. Pengendalian diri yang kuat terhadap keyakinan mempengaruhi cara berpikir dan bertindak. Keyakinan adalah pikiran yang dianggap benar dan ikut mempengaruhi perilaku seseorang.
Agar seseorang bisa berubah, hal pertama yang dilakukan adalah perlunya memahami pikiran dan perasaan diri sendiri. Setelah memahami proses maka akan tahu cara membuat seluruh informasi menjadi masuk akal, cara menyaring informasi yang ada di sekitar, cara menciptakan pemikiran, cara pemikiran berinteraksi dengan fisik untuk menciptakan emosi, bagaimana emosi mempengaruhi perilaku, dan bagaimana sebagian besar proses terjadi tanpa disadari. Dasar-dasar percakapan adalah berlatih, menjadi pendengar yang baik, mengajukan pertanyaan, berbicara, mengatakan atau mengutarakan
Berlatih untuk memperoleh sikap percaya diri dengan mengubah sikap tubuh. Ketika menemui seseorang, pusatkan perhatian untuk menjalin kontak mata. Menjalin rasa simpati dengan cara memperhatikan orang lain di sekitar yang sedang menjalin rasa simpati, kemudian latihan dengan memperhatikan bagaimana orang bereaksi atau menanggapi sesuatu. Keterampilan utama yang diperlukan untuk menjalin rasa simpati adalah menyamakan, dan unsur pertama dari keterampilan ini adalah kemampuan untuk memperhatikan dengan cermat sikap tubuh, isyarat dan gerakan, nada suara, bahasa, dan napas.
Strategi berbicara dengan siapa saja di tempat kerja adalah dengan memahami lawan bicara, menjaga hubungan baik, dan membujuk lawan bicara untuk berkata “ya”. Cara berbicara agar didengarkan oleh orang lain yakni dengan mengutarakan masalah yang dihadapi, menyampaikan maksud dengan jelas, memberikan solusi terhadap suatu permasalahan. Jika ingin lebih percaya diri, hadiri beragam acara jejaring (apapun temanya), untuk menambah kontak sosial dan bisnis seseorang
Cara berbicara dengan setiap orang dalam situasi sulit dapat dihadapi dengan menemukan niat positif pada lawan bicara. Ada tiga langkah menuju sukses adalah mengetahui apa yang diinginkan, bukan yang tidak diinginkan; berlatih bahwa itu telah terjadi; menyimak konsekuensinya. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang tidak bisa berhenti bicara, diantaranya adalah mereka tidak peka terhadap dampak yang ditimbulkan bagi orang lain, mereka gugup dan tidak dapat berhenti mengoceh, mereka terus mengulangi perkataan yang sama, mereka membenci kesenyapan, dan mereka ingin membantu, padahal cara terbaik adalah diam.
Dalam bab terakhir terdapat 7 (tujuh) rahasia untuk menjadi pusat perhatian, yaitu : kekuatan diri anda, kekuatan tubuh anda (penampilan fisik), kekuatan penyelarasan, kekuatan bahasa anda, kekuatan “kita”, kekuatan mendengarkan dan bertanya, dan kekuatan rasa percaya diri.
0000164741 | 302.224 2 Sar c | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain