Text
Model pembelajaran di sekolah
Bibliografi : hlm. 202 - 207
Daftar isi :
Bab 1. Model pembelajaran
Bab 2. Pola pembelajaran
Bab 3. Model desain pembelajaran
Bab 4. Model pembelajaran berbasis teknologi dan komunikasi pada sekolah
Bab 5. Model sirkular Osgood dan Schramm
Bab 6. Model ABX Newcomb
Bab 7. Model psikologi komunikasi
Bab 8. Model helical dance
Bab 9. Model teknologi komunikasi
Bab 10. Model pembelajaran berlandaskan bio-communication
Bab 11. Model matematis Shannon dan Weaver
Bab 12. Model sosiologi komunikasi
Bab 13. Model presentation perform
Bab 14. Model pembelajaran berbasis komputer
Bab 15. Model pembelajaran berbasis penemuan
Bab 16. Model pembelajaran problem-based multimedia group
Bab 17. Model pembelajaran berbasis komputer perpustakaan online
Bab 18. Model pembelajaran terbuka dan jarak jauh
Bab 19. Model pembelajaran examples non examples
Bab 20. Model pembelajaran APOS dan modifikasi APOS (M-Apos)
Bab 21. Model pembelajaran problem and project in the classroom based learning pada mata pelajaran TIK DAN KKPI
Bab 22. Model pembelajaran aplikatif
Bab 23. Model pembelajaran STEM (Science Technology and Mathematic)
Abstrak
Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasi pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar, dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar-mengajar. Ada beberapa pola pembelajaran, salah satunya yang dicetuskan oleh Barry Morris. Pola pembelajaran memiliki 2 aspek penting, yakni belajar dan mengajar. Pelaku belajar dan mengajar adalah peserta didik dan guru. Pola interaksi belajar dan mengajar digolongkan menjadi 4, yaitu pola tradisional 1, pola tradisional 2, pola pembelajaran guru dan media, dan pola pembelajaran bermedia.
Desain pembelajaran merupakan proses keseluruhan tentang kebutuhan dan tujuan belajar serta sistem penyampaiannya. Termasuk di dalamnya adalah pengembangan bahan dan kegiatan pembelajaran, uji coba dan penilaian bahan, serta pelaksanaan kegiatan pembelajarannya. Ada beberapa model desain pembelajaran, diantaranya adalah model prosedur pengembangan sistem instruktural, model glasser, model Gerlach & Ely, model Jerrold E. Kemp, dan model pembelajaran konstekstual.
Ada beberapa model pembelajaran berbasis teknologi dan komunikasi yang dapat diterapkan di sekolah, yakni drill, tutorial, simulasi dan games yang diintegrasikan dengan berbagai aspek pendukung yang mencakup mapping concept, advance organizer knowledge, discovery-inquiry, lateral thinking, persuasive, visual-audio imaging, yang dikemas dalam sistem ICT dengan alternatif sajian melalui prosedur sistem belajar jarak jauh seperti e-learning, teleconference, yang isinya bersifat problem solving dengan jalur pemecahan masalah diserahkan pada gaya dan tanggung jawab, keyakinan serta kemandirian belajar peserta didik.
Model komunikasi menurut Osgood dan Schramm bersifat sirkular. Model ini menitikberatkan pada perilaku pelaku-pelaku utama dalam proses komunikasi, dimana pendidik sebagai encoder dan peserta didik sebagai decoder. Model komunikasi newcomb merupakan model komunikasi antar pribadi. Model ini dikenal dengan model keseimbangan. Komunikasi dan psikologi adalah dua bidang yang saling terkait, dan memiliki prinsip yang sama yakni melibatkan manusia. Ada 4 ciri pendekatan psikologi pada komunikasi, yaitu penerimaan stimuli secara indrawi, proses yang mengantarai stimuli dan respons, prediksi respon, peneguhan respons.
Model helical dance merupakan perkembangan dari model sirkuler Osgood dan Schramm, berbentuk melingkar yang semakin membesar menunjukkan suatu fakta bahwa proses komunikasi bergerak maju dan apa yang dikomunikasikan akan mempengaruhi struktur dan isi komunikasi yang datang kemudian. Model teknologi komunikasi muncul setelah berkembangnya teori difusi inovasi dalam bidang media, khususnya media elektronik.
Ada 4 poin penting dalam teori biologi komunikasi yakni mengamati, merasa, memahami, dan kecenderungan bertindak. Implementasi dalam pembelajaran dapat dilakukan pendidik agar bahan ajar tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Penerapan metode model matematika Shannon dan Weaver dalam pembelajaran dilakukan oleh pendidik dengan memilah materi yang sesuai dan memudahkan peserta didik memahami materi ajar, dan melakukan praktek langsung untuk menambah kemampuan peserta didik dalam memahami konsep materi ajar.
Model sosiologi komunikasi tumbuh berdasarkan tuntutan kondisi dan perbedaan latar belakang sosial dan budaya para aktor komunikasi. Sosiologi komunikasi memiliki komponen yang mencakup latar belakang sosial budaya, hubungan sosial, lingkungan sosial, prior communication (kesan yang tertanam tentang lawan komunikasi). Presentation learning adalah sebuah model pembelajaran berbasis IT gabungan antara ISS-IT (interactive skill station information technology) dengan cooperative learning. Dalam model ini peserta didik dituntut untuk lebih aktif dan berpikir kritis dengan memanfaatkan teknologi.
Komputer adalah perangkat elektronik yang kompleks dan banyak manfaat. Alat ini cocok untuk membantu proses pengajaran serta membantu peserta didik melakukan pembelajaran. Metode komputerisasi dalam pembelajaran terdiri atas pendidikan berbasis komputer, CAT (computer assisted testing), dan CAG (computer assisted guidance). Model pembelajaran discovery learning merupakan pembentukan kategori-kategori atau konsep-konsep, yang dapat memungkinkan terjadinya generalisasi yang dilakukan dan kemampuannya dimiliki oleh peserta didik sendiri.
Kelompok multimedia berbasis masalah (KMBM) merupakan suatu model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan masalah yang melibatkan multimedia dan peserta didik secara berkelompok berdiskusi tentang permasalahan yang dihadapi untuk diselesaikan. Keunggulan dari perpustakaan online adalah dapat memberikan nilai lebih dalam belajar, dapat diakses di berbagai tempat, akan terbiasa dalam membaca, dan mempermudah peserta didik dalam mencari masalah. Keunggulan tersebut akan berdampak jika model pembelajaran itu dilakukan dengan seksama, dan diimplementasikan secara baik.
Pendidikan terbuka dan jarak jauh merupakan bentuk pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk belajar secara terpisah dari pengajarnya. Model pembelajaran example non example adalah strategi pembelajaran menggunakan media gambar dalam penyampaian materi yang bertujuan mendorong siswa untuk berpikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan dalam contoh gambar yang disajikan. Pembelajaran dengan teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema) menekankan pada perolehan pengetahuan melalui aktivitas pendahuluan melalui media komputer, bekerja dalam kelompok, dan refleksi.
Model pembelajaran berbasis masalah di dalam kelas dan implementasi nyata adalah model pembelajaran yang berorientasi pada permasalahan yang sesuai dengan konsep dan prinsip yang dipelajari pada mata pelajaran TIK dan KKPI di SMK serta permasalahan yang disajikan adalah permasalahan riil yang ada dalam kelas tersebut.
Beberapa model pembelajaran aplikatif adalah pembelajaran saintifik, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran saintifik menekankan pada aktivitas peserta didik melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membuat jejaring pada kegiatan pembelajaran di sekolah. Pembelajaran berbasis masalah adalah pembelajaran mengembangkan keterampilan berpikir dalam memecahkan masalah. Pembelajaran berbasis proyek melibatkan suatu proyek dalam proses pembelajaran.
Model pembelajaran STEM (Science Technology and mathematic) merupakan model pembelajaran yang berupaya menjawab atas keraguan dari sejumlah model project based learning, discovery, inquiry, serta kesederhanaan dari metode eksperimentasi yang dilakukan para siswa dan guru di laboratorium IPA, fisika, biologi, bahasa dan matematika.
0000165269 | 371.3 Dar m | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000164319 | 371.3 Dar m | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000164272 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
0000164468 | 371.3 Dar m | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000137627 | 371.3 Dar m | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain