No image available for this title

Text

Analisis sosiologis tentang dampak hegemoni negara dan dominasi kapitalis pada kelembagaan petani



ABSTRAK
Kelembagaan petani yang merupakan wadah aktivitas para petani tidak lepas dari campur tangan pemerintah dan swasta dalam mensukseskan program-program yang mereka laksanakan. Ada indikasi bahwa Negara dan kaum kapitalis telah mendominasi dan menghegemoni para petani dalam proses pembentukan, pengembangan dan pembinaan kelembagaan petani yang menjadi motor penggerak pada hampir semua aktivitas petani. Kelembagaan petani yang seharusnya dibentuk berdasarkan prinsip "Dari, Oleh dan Untuk Petani" tidak nampak pada realitas yang ada di lapangan. Jika memang Negara dan kaum kapitalis memegang kendali dan mendominasi serta menghegemoni para petani dalam proses pembentukan, pengembangan dan pembinaan kelembagaan petani, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana dampak hegemoni Negara dan dominasi kaum kapitalis terhadap para petani dalam proses pembentukan, pengembangan dan pembinaan kelembagaan petani yang selama ini terjadi?
Hasil Penelitian menunjukan bahwa pada mulanya tindakan Hegemoni Negara dan Dominasi Kapitalis dalam Penumbuhan dan Pengembangan Kelembagaan Petani dilakukan melalui: a) Internalisasi nilai-nilai, Gagasan-gagasan, dan asumsi-asumsi tentang pentingnya lembaga formal bagi petani dalam meningkatkan posisi tawar petani, kesejahteraan dan taraf hidupnya. b) Legitimasi melalui aturan-aturan normatif yang menggiring petani untuk membentuk kelembagaan sebagaimana yang dikehendaki pemerintah. c) Tindakan koersif melalui aparatus negara dan instrumen lainnya. Tindakan hegemonik oleh negara dan tindakan dominatif oleh kapitalis telah berdampak pada semakin menurunnya kreatifitas petani, menurunnya tingkat partisipasi petani, alienasi petani terhadap sumberdaya yang mereka miliki, bermunculannya aksi counter/perlawanan radikal dan anarkis petani terhadap negara dan kapitalis serta komersialisasi kelembagaan petani
Kata Kunci: Kelembagaan, Hegemoni, Dominasi

ABSTRACK
Institutional peasant farmers are a container activity cannot be separated from the government and private interference in the success of the programs they have implemented. There are indications that the state and the capitalists have dominated and hegemonic farmers in the process of formation, development and institution building of farmers is the driving force in almost all activities of farmers. Institutional farmers who should be established based on the principle "Of, By and For Farmers" does not appear on the reality on the ground. If this is the state and the capitalists in control and dominate and hegemony of farmers in the process of formation, development and institution building of farmers, the question is how the impact of the hegemony of the State and the domination of the capitalists against the peasants in the process of formation, development and institution building of farmers during This happened?
Research shows that in the beginning the action Hegemony State and dominance Capitalist in the Emergence and Development of Institutional Farmers done through a) Internalization of values, ideas, and assumptions about the importance of formal institutions for farmers to improve the bargaining position of farmers, welfare and standard of living. b) The legitimacy through normative rules that lead farmers to establish institutions of government as desired. c) coercive measures through the state apparatus and other instruments. Hegemonic actions by the state and by the capitalist dominating action has an impact on the decrease of the creativity of farmers, reduced levels of farmer participation, alienation of farmers to the resources they have, the emergence of counter action radical and anarchist resistance against state and capitalist farmers and commercialization of farmer institutions.
Keywords: Institutional, Hegemony, Domination


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
RAK Ekonomi Agriekstensia Vol.14 (1-2) 2015
Penerbit Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Malang : Malang.,
Deskripsi Fisik
Hal. 218-233, Vol.14 No.2 Desember
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
14124866
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Agriekstensia Vol.14 (1-2) 2015
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this