Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pemanfaatan Layanan Online di Institusi Pendidikan Jarak Jauh
Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada akhirnya mempengaruhi cara lembaga pendidikan jarak jauh (DE) menyampaikan proses pembelajarannya. Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu perguruan tinggi yang menjalankan sistem DE sepenuhnya memanfaatkan Internet sebagai salah satu sarana untuk memberikan dukungan pembelajaran bagi mahasiswanya. Artikel ini didasarkan pada penelitian tentang bagaimana siswa pendidikan jarak jauh memanfaatkan layanan online dalam studi mereka. Kantor wilayah UT di Yogyakarta dipilih sebagai kasus penelitian yang melibatkan 145 mahasiswa yang dipilih secara kuota random sampling dari 1.455 mahasiswa yang terdaftar pada tahun 2003.2. Data dikumpulkan dari 145 responden dengan menggunakan kuesioner yang dirancang khusus untuk mengetahui pendapat responden tentang layanan online UT, pemanfaatan layanan oleh mahasiswa, dan kendala dalam memanfaatkan layanan tersebut. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif.
Kata kunci: mahasiswa pendidikan jarak jauh, pembelajaran online dukungan, layanan online, pengambilan sampel acak kuota, kantor pusat wilayah
The fast development of information and communication technology eventually influences how distance education (DE) institutions deliver their learning process. Universitas Terbuka (UT) as one of higher education institution fully operating DE system utilizes Internet as one means to provide learning support for its students. This article is based on research on how distance education students utilize online services in their study. UT regional office in Yogyakarta was chosen as a case for the research involving 145 students selected with quota random sampling from 1,455 students registered in 2003.2. Data were gathered from the 145 respondents using specially designs questionnaire to tap the respondents' opinion on UT online services, students' utilization of the services, and constraints in utilizing the services. Data were analyzed using descriptive analysis.
Key words: distance education student, online learning support, online service, quota random sampling, regional centre office
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
Rak Pendidikan JurPendTerbukaJarak Jauh/2005-2006
|
Penerbit | Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka : Tangerang., 2005 |
Deskripsi Fisik |
Hal. 56-64, Vol.6 No.1 Juni
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
1411304X
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
JURPENDTerbukaJarakJauh Vol.6(1)2005
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Yeti Sukarsih
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain