No image available for this title

Text

Implementasi Pendekatan Struktural dalam Tutorial Tatap Muka Statistika Dasar terhadap Mahasiswa S1 PGSD



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar mahasiswa S1 PGSD Sulawesi Selatan dalam kegiatan tutorial statistika dasar jika diajar menggunakan pendekatan struktural, mengetahui kemampuan tutor dalam mengolah kegiatan tutorial menggunakan pendekatan struktural; menjelaskan tingkat pencapaian hasil belajar siswa yang berorientasi pada pendekatan struktural; serta mengetahui respon siswa terhadap tutorial sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan tutorial. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutorial dengan pendekatan struktural dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, tutor mampu dalam proses tutorial, proporsi jawaban siswa baik, dan siswa mau mengikuti tutorial lebih lanjut jika diajar menggunakan pendekatan struktural.
Kata Kunci: tutorial tatap muka, pendekatan struktural, pembelajaran berkualitas.

This research aims at investigating leaning independency of S1 students of PGSD in South Sulawesi in tutorial activity of basic statistics if they were taught using structural approach, finding out the tutors' capability in processing the tutorial activity using structural approach; explaining the level of achievement on the result of students' learning which was oriented to structural approach; as well as finding out the students' response on the tutorial before and after joining tutorial activity. Data were gathered using observation sheet, tests, and questionnaire of students' response. The results show that tutorial using structural approach can improve students' learning independency, tutors are capable in tutorial process, proportion of students' answer is good, and students want to take further tutorial if taught using structural approach.
Keyword: face to face tutorial, structural approach, quality learning.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Rak Pendidikan JurPendTerbukaJarak Jauh/2005-2006
Penerbit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka : Tangerang.,
Deskripsi Fisik
Hal. 29-39, Vol.7 No.1 Maret
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1411304X
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
JURPENDTerbukaJarakJauh Vol.7(1)2006
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this