No image available for this title

Text

Program Video dalam Paket Bahan Ajar Terintegrasi Mata Kuliah Metode Pengembangan Kognitif Program D-II PGTK



Media memainkan peran penting dalam sistem pendidikan jarak jauh. Mengintegrasikan media cetak dan non-cetak dalam penyampaian mata kuliah dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran. Metodologi Perkembangan Kognitif merupakan salah satu mata kuliah di Diploma II PAUD
Program Studi Pendidikan Guru di Universitas Terbuka yang menggunakan media cetak (modul) dan video compact disc dalam menyampaikan materi pembelajarannya. Dengan melibatkan seluruh 85 mahasiswa program studi yang terdaftar di UT Kantor Wilayah Jakarta pada semester 2005.1, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas video yang digunakan dalam perkuliahan ditinjau dari konten dan tujuannya, kualitas teknis, dan kualitas pembelajaran. Dengan menggunakan kuesioner, data dari 68 (80%) kuesioner yang dikembalikan menunjukkan bahwa isi dan tujuan VCD dinilai baik, kualitas teknis dinilai baik, sedangkan kualitas pengajaran dinilai baik.
Kata kunci: kualitas pembelajaran, media, media non cetak, media cetak, kualitas teknis

Media play significant roles in distance education system. Integrating printed and non-printed media in course delivery could enhance students' understanding of learning materials. Methodology of Cognitive Development is one course in Diploma II Preschool
Teacher Education Study Program in Universitas Terbuka which using printed (module) and video compact disc to deliver its learning materials. Involving all 85 students in the study program registered at Jakarta regional office of UT in 2005.1 semester, the research aims at evaluating quality of video used in the course in term of its content and objectives, technical quality, and instructional quality. Using a questionnaire, data from 68 (80%) returned questionnaires show that content and objectives of the VCD is rated ok, technical quality is rated ok, while instructional quality is rated good.
Key words: instructional quality, media, non-printed media, printed media, technical quality


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Rak Pendidikan JurPendTerbukaJarak Jauh/2005-2006
Penerbit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka : Tangerang.,
Deskripsi Fisik
Hal. 45-54, Vol.7 No.1 Maret
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1411304X
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
JURPENDTerbukaJarakJauh Vol.7(1)2006
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this