Detail Cantuman
Advanced Search![No image available for this title](./images/default/image.png)
Text
Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan prestasi belajar
pada mata kuliah Manajemen Keuangan. Hipotesis penelitian ini adalah positif
hubungan antara kemandirian belajar dan prestasi dalam Pengelolaan Keuangan
Mata Kuliah. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Terbuka yang terdaftar di
Kursus Manajemen Keuangan tahun 2003.2 di kawasan Jakarta Regional Center. Itu
jumlah populasi sebanyak 516 siswa dan sampel sebanyak 130 siswa (25%)
dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dan
prestasi dalam Mata Kuliah Manajemen Keuangan. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa
Semakin tinggi kemandirian belajar mahasiswa, maka semakin tinggi pula prestasi mahasiswa dalam mata kuliah tersebut.
Kata Kunci: prestasi belajar, sistem pembelajaran jarak jauh, belajar mandiri
ABSTRACT
This research aims to know the relationship between independent learning and achievement in Financial Management Course. The hypothesis of this research is there was a positive relationship between independent leaning and achievement in Financial Management Course. The population of this research was all Universitas Terbuka students registered in Financial Management Course in 2003.2 in the area of Jakarta Regional Centre. The numbers of population were 516 students, and the samples were 130 students (25%) selected by using random sampling technique. Data were collected by using questionnaires.
The results show that there is a positive relationship between independent learning and achievement in Financial Management Course. Based on the results, it is concluded that the higher students independent learning, the higher students' achievement in the course.
Keywords: achievement, distance learning system, independent learning
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
Rak Pendidikan JurPendTerbukaJarak Jauh/2005-2006
|
Penerbit | Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka : Tangerang., 2006 |
Deskripsi Fisik |
Hal. 91-101, Vol.7 No.2 September
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
1411304X
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
JURPENDTerbukaJarakJauh Vol.7(2)2006
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Irzan Tahar dan Enceng
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain