No image available for this title

Text

Perbandingan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh dengan Mahasiswa Pendidikan Tatap Muka



Kajian eksplorasi perbedaan kompetensi pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti sistem pembelajaran jarak jauh dan sistem pembelajaran tatap muka dimaksudkan untuk membedakan perbedaan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah rutin dan tidak rutin. Dalam penelitian ini mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Terbuka (UT) dipilih sebagai sampel untuk pembelajaran jarak jauh dan mahasiswa program studi sejenis dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk pembelajaran tatap muka. Soal kalkulus disampaikan sebagai soal rutin, sedangkan soal pembuktian sederhana yang diambil dari Teori Bilangan, Geometri, dan Analisis Real disampaikan sebagai soal non rutin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan permasalahan rutin, tidak terdapat perbedaan prestasi yang signifikan antara mahasiswa UT dan UNJ. Namun dalam penyelesaian permasalahan non-rutin terdapat pencapaian yang signifikan antara kedua kelompok sampel.
Kata kunci: sistem pembelajaran jarak jauh, sistem pembelajaran tatap muka, soal tidak rutin, soal rutin.

The exploratory study of competency differences in problem solving of mathematics between students enrolled at distance learing system and face to face leamning systemwas intended to distinguish students' different capabilities in solving routine andnon-routine problems. In this study the students of Mathematics Education from Universitas Terbuka (UT) were chosen as samples for distance leaming and students with similar study program from the Jakarta State University (UNJ) for face to face leaming. Calculus problems were delivered as routine problems, while the simple proofing problems taken from Number Theory, Geometry, and Real Analysis were delivered as non-routine problems. The results indicate that in solving the routine problems, there wre no significant different achievements between students of UT and those of UNJ. However, in solving the non-routine problems there were significant achievements between the two sample groups.
Key words: distance learing system, face to face learing system, non-routine problems, routine problems.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Rak Pendidikan JurPendTerbukaJarak Jauh/2005-2006
Penerbit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka : Tangerang.,
Deskripsi Fisik
Hal. 121-133, Vol. 7 No.2 September
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1411304X
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
JURPENDTerbukaJarakJauh Vol.7(2)2006
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this