No image available for this title

Text

Anak Jakarta A sketch of Indonesian youth identity = Anak Jakarta Sketsa identitas pemuda Indonesia



Anak Jakarta mengacu pada anak muda Jakarta, trendsetter anak muda Indonesia. Tulisan ini memberikan gambaran mengenai generasi muda Jakarta yang dicirikan oleh penampilan, bahasa, dan gaya hidup. Informasi diperoleh dari diskusi dan kontak pribadi dengan berbagai kelompok remaja dan orang tua (dewasa dengan anak-anak) di Jakarta; tinjauan literatur, observasi, serta kilas balik yang diberikan oleh orang dewasa, memberikan potret anak Jakarta sejak akhir tahun 1980-an. Kaum muda di Jakarta berorientasi pada Barat (Amerika), meniru media massa dan media sosial, dan sering kali bertentangan dengan norma setempat dan nasihat orang tua. Profil Anak Jakarta meliputi: generasi muda menciptakan bahasa gaul, tawuran, dan konsumerisme yang berpikiran merek. Pemuda Jakarta telah menjadi panutan bagi sebagian besar pemuda di seluruh Indonesia, khususnya pemuda migran Jakarta. Pola asuh keluarga, kontak sosial, kelompok sebaya dan media memainkan peran penting dalam membentuk, mentransformasikan dan menyebarkan karakteristik identitas anak Jakarta.
KATA KUNCI
Indonesia, pemuda, jati diri, anak Jakarta, gaya hidup, bahasa gaul, peer group, media sosial.

Anak Jakarta refers to the youth of Jakarta, the trend-setters of the Indonesian youth. This paper gives a sketch of the youth in Jakarta as characterized by their appearance, language, and lifestyle. Information is derived from discussions and personal contact with different groups of youth and parents (adults with children) in Jakarta; literature review, observations, as well as from flashbacks given by the adults, providing a portrait of anak Jakarta since late 1980's. The youth in Jakarta is Western (American) oriented, copying from the mass- and social media, often times conflicting with local norms and parental advice. Anak Jakarta profile includes youth created slang language, school gang fights (tawuran) and brand minded consumerism. Jakarta youth has become the role model for most youth all over Indonesia, especially Jakarta migrant youth. Family upbringing, social contact, peer group and the media play a crucial role in forming, transforming and disseminating the characteristics anak Jakarta identity.
KEYWORDS
Indonesia, youth, identity, anak Jakarta, lifestyle, slang language, peer group, social media.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
RAK Bahasa WACANA VOL15(1-2)2014
Penerbit Fakultas Imu Pengetahuan Budaya UI : Depok.,
Deskripsi Fisik
Hal. 41-65, Vol.15 No.1
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
14112272
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
WACANA Vol.15 (1) 2014
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this