No image available for this title

Text

Indonesia, modernity and some problems of religious adaptation = Indonesia, modernitas dan beberapa permasalahan adaptasi keagamaan



Artikel ini membahas tantangan adaptasi agama di Indonesia. Bab ini menggambarkan perubahan agama-agama besar di Indonesia agar sesuai dengan persyaratan untuk diakui sebagai agama, dan berfokus sebagai contoh perubahan agama Hindu Bali menjadi Agama Hindu Dharma Indonesia. Buku ini juga mengkaji permasalahan teologis tradisional mengenai “iman dan perbuatan” dalam konteks Indonesia, dan keprihatinan yang digunakan untuk menyeimbangkan modernisasi dan kebebasan beragama.
KATA KUNCI
Agama Indonesia, adaptasi agama, Hindu, Islam, Teologi.

This article discusses the challenges of adaptation for Indonesian religion. It describes the ways that the major Indonesian religions have changed to fit the requirements of being recognized religions and focuses as an example on the ways that Balinese Hinduism has changed to become Agama Hindu Dharma Indonesia. It also examines the traditional theological problem of "faith and works" in the Indonesian context, and the concerns used to balance modernization and religious freedom.
KEYWORDS
Indonesian religions, religious adaptation, Hinduism, Islam, theology.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
RAK Bahasa WACANA VOL15(1-2)2014
Penerbit Fakultas Imu Pengetahuan Budaya UI : Depok.,
Deskripsi Fisik
Hal. 314-315, Vol.15 No.2
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
14112272
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
WACANA Vol.15 (1) 2014
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this