No image available for this title

Text

Perencanaan dan pemilihan sistem pembangkit



Bila kita perhatikan suatu sistem tenaga listrik yang besar didaerah dengan energi potensial yang bervariasi akan kita temukan bermacam-macam jenis seperti PLTU batubara, PLTGU gas, PLTG Gas, PLTA dan sebagainya. Mengapa pembangkit-pembangkit itu dipilih tentunya ada cara untuk mempertimbangkannya sehingga kita mendapatkan kombinasi yang ekonomis dan andal. Pada waktu perencanaan pembangunan cara yang digunakan ialah screening curve sedangkan pada waktu pengoperasian cara yang digunakan ialah merit loading.
Tulisan ini mencoba untuk menjelaskan rencana pengembangan (expantion) unit-unit pembangkit untuk suatu sistem dengan mempertimbangkan ekonomi, keandalan dan faktor-faktor.
Kata kunci: Screening curve; Merit loading

If we look at an electric generation system we will find various generating stations like coal fired steam power plant, gas fired combined cycle, gas fired gas turbines, hydro plant etc. Why those kind of generating systems were chosen, there must be a certain systematic for choosing those generating systems so that we got the most economic and realibility goals. At the planning state screening curve system is used and at the operation stage merit loading system is used.
This paper try to explain expansion plan of generating systems and the reason for choosing those kind of generating units with reasoning of economic, reliability and other factors which have to be considered.
Key words: Screening curve; Merit loading


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Rak Teknologi ENERGI&KELISTRIKAN Vol.3 (1-3) 2010
Penerbit SEKOLAH TINGGI TEKNIK-PLN Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Hal. 9-14, Vol.3 No.1
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
19790783
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Jur. Ilmiah ENERGI & KELISTRIKAN Vol.3 (1) 2010
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this