No image available for this title

Text

Pelatihan pembuatan mie dari bahan dasar tepung modified Casava Flour (Mocaf) sebagai upaya peningkatan wawasan pengetahuan dan peluang usaha bagi ibu-ibu PKK di Desa Jaya Sakti Muaragembong Kabupaten Bekasi



Pengabdian ini mempunyai tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengajaran mengenai pembuatan tepung mocaf dan penggunaannya sebagai bahan dasar pengganti tepung terigu dalam pembuatan mie sehingga dapat membantu ibu-ibu di Desa Jaya Sakti dalam memenuhi kebutuhan mereka membuat mie dari tepung mocaf dengan harapan hasil produk dapat dijual sehingga dapat menambah income bagi keluarga mereka.
Khalayak sasaran adalah Ibu-ibu PKK dan warga sekitar Desa Jaya Sakti. Pelatihan ini di laksanakan dalam satu kali pertemuan, Pertemuan dilakukan di rumah Kepala Desa Jaya Sakti Muaragembong Bekasi
Pertemuan diawali dengan pembukaan kemudian memberikan materi dan praktek pembuatan tepung mocaf, dan pembuatan mie dari tepung mocaf. Untuk bahan dasar mie tepung mocaf digunakan yang telah siap pakai.
Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour), adalah produk tepung dari ubi kayu/singkong yang diperoses menggunakan prinsip memodifikasi sel ubi kayu dengan cara fermentasi. Mikroba yang tumbuh menyebabkan perubahan karakteristik pada tepung yang dihasilkan, yaitu naiknya viskositas, kemampuan gelasi, daya rehidrasi, dan kemudahan melarutkan. Mikroba juga menghasilkan asam-asam organic, terutama asam laktat yang akan terimbibisi dalam tepung, dan ketika tepung itu diolah akan menghasilkan aroma dan citra rasa khas, yang dapat menutupi aroma dan citra rasa ubi kayu yang cenderung tidak menyenangkan konsumen. Tekstur dan warna tepung mocaf ini lebih halus dan lebih putih dari tepung terigu.
Untuk pengembangan lebih lanjut, maka tepung mocaf diaplikasikan untuk membuat mie, selain nilai jualnya lebih baik lagi karena menghasilkan produk yang lain dan langsung bisa di konsumsi.
Dari hasil kegiatan pengabdian ini terlihat antusias dari para peserta, karena mereka senang mendapatkan pengetahuan baru yang dapat mereka praktekkan di rumah masing- masing.
Kata Kunci: tepung mocaf, mie

This service aims to provide knowledge and teaching about making mocaf flour and its use as a basic ingredient to replace wheat flour in making noodles so that it can help women in Jaya Sakti Village in meeting their needs for making noodles from mocaf flour in the hope that the resulting product can be sold so that can increase income for their families.
The target audience is PKK mothers and residents around Jaya Sakti Village. This training was carried out in one meeting, the meeting was held at the house of the Head of Jaya Sakti Village, Muaragembong, Bekasi.
The meeting began with an opening and then provided material and practices for making mocaf flour and making noodles from mocaf flour. For the noodle base, mocaf flour is used which is ready to use.
Mocaf Flour (Modified Cassava Flour) is a flour product from cassava/cassava which is processed using the principle of modifying cassava cells by fermentation. The growing microbes cause changes in the characteristics of the flour produced, namely an increase in viscosity, gelation ability, rehydration ability and ease of dissolving. Microbes also produce organic acids, especially lactic acid which will be imbibed in the flour, and when the flour is processed it will produce a distinctive aroma and taste image, which can cover the aroma and taste image of cassava which tends to be unpleasant to consumers. The texture and color of mocaf flour is smoother and whiter than wheat flour.
For further development, mocaf flour is applied to make noodles, besides the selling value is even better because it produces other products and can be consumed directly.
From the results of this service activity, the participants showed enthusiasm, because they were happy to gain new knowledge that they could put into practice at home.
Keywords: mocaf flour, noodles


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
RAK Univ. Sarwahita Vol.12 (1-2) 2015
Penerbit Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Hal. 59-66, Vol.12 No.1 Mei
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2167484
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Sarwahita Vol.12 (1) 2015
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this