Detail Cantuman
Advanced Search![No image available for this title](./images/default/image.png)
Text
Religiusitas dan Pengetahuan Terhadap Sikap dan Intensi Konsumen Muslim Untuk Membeli Produk Kosmetik Halal
Studi ini membahas mengenai pengaruh religiusitas dan pengetahuan terhadap sikap dan intensi konsumen Muslim untuk membeli produk kosmetik yang menggunakan positioning halal. Objek penelitian ini adalah merek kosmetik lokal yang menggunakan halal positioning. Data dikumpulkan melalui survey kepada 217 responden dengan Teknik judgemental sampling. Responden merupakan wanita bergama Islam yang belum pernah melakukan pembelian maupun menggunakan kosmetik yang menjadi obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen untk membeli produk kosmetik dengan positioning halal. Namun pengaruh religiusitas terhadap sikap konsumen jauh lebih besar dibandingkan dengan pengaruh pengetahuan terhadap sikap konsumen untuk membeli kosmetik dengan positioning halal. Studi ini juga menunjukkan bahwa sikap konsumen secara signifikan berpengaruh positif terhadap intentsi konsumen untuk membeli kosmetik dengan positioning halal.
Kata kunci: halal positioning; pengetahuan; religiusitas; sikap; intensi
This study discusses the influence of religiosity and knowledge on the attitude and intention of Muslim consumers to buy cosmetic products with halal positioning. The object of this research was a local cosmetic brand that uses halal positioning. Data was collected through survey to 217 respondents with judgmental sampling technique. The respondents were Muslim women who have never made a purchase and use cosmetics that became the object of research. The results show that religiosity and knowledge have positive and significant effects on consumer attitude to buy cosmetic product with halal positioning. However, the influence of religiosity on consumer attitudes is much greater than the influence of knowledge on consumer attitudes towards cosmetics with halal positioning. This study also shows that consumer attitudes have a significant positive effect on consumer intentions to buy cosmetics with halal positioning.
Keywords: halal positioning; knowledge; religiosity; attitude; intention
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
RAK Ekonomi Esensi Vol.8-9/2018-2019
|
Penerbit | Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hiyatullah : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
Hal. 105–114, Vol.8 No.2
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
24611182
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Esensi Vol 8 (2), 2018
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Ajeng Larasati, Sri Rahayu Hijrah Hati, Anya Safira
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain