No image available for this title

Text

Penerapan Strategi Metakognisi pada Cooperative Learning Tipe STAD untuk Melihat Perkembangan Metakognisi Siswa pada Materi Elastisitas



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan metakognisi siswa pada konsep elastisitas menggunakan strategi metakognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang mengadopsi strategi metakognitif, dalam penelitian ini disebut dengan istilah Jurnal Pemikiran Siswa (JPS) dan siswa melakukannya dengan beberapa langkah. Pertama, siswa menjawab JPS dengan pengetahuannya sendiri, kemudian mereka mencari informasi menggunakan sumber internet, sehingga siswa akan memeriksa dan memperbaiki jawabannya dan membenahi informasi yang telah mereka temukan, dan langkah terakhir siswa terlibat dalam diskusi kelompok. untuk mendapatkan banyak alternatif solusi dari teman-temannya dan siswa harus mempertimbangkan solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dalam penelitian ini juga digunakan angket untuk mengetahui profil pengetahuan metakognitif, kontrol dan kesadaran siswa. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah menengah atas (n = 31, kelas 10). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan metakognisi siswa terjadi secara signifikan ketika penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan juga pada pertemuan terakhir, hal ini ditunjukkan dengan menurunnya jumlah siswa yang menjawab kurang tepat dan tidak sesuai. dengan konsep elastisitas. Dan hasil pengetahuan metakognisi, kontrol dan kesadaran siswa cukup baik. Analisis data tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi metakognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat diketahui perkembangan metakognisi siswa.
Kata Kunci: metakognisi, strategi metakognitif, pembelajaran kooperatif, elastisitas.

This study aims to know the development of students' metacognition on the elasticity concept used metacognitive strategies in cooperative learning STAD-type. The instrument in this study used the Students Worksheets (LKS) was adopted metacognitive strategies, in this study called by the term Student Thought's Journal (JPS) and students did it by several steps. First, students answered the JPS with their own knowledge, and then they searched much information used internet sources, so students would check and repair their answer and fixed with the information that they have been found, and the last step student involved in a group discussion to get many alternative solutions from their friends and students should consider the most appropriate solution to resolve the issue. In this study also used a questionnaire to determine the profile of students' metacognitive knowledge, control and awareness. This study was conducted on one of the upper secondary schools (n = 31, grade 10). The results of this study indicated that the development of students' metacognition occurs significantly when the implementation of cooperative learning STAD-type and also at the last meeting, it was showed by the decrease in the number of students who answered inappropriately and didn't accordance with the elasticity concept. And the result for students' metacognition knowledge, control and awareness were quite good. The analysis of these data indicated that by using metacognitive strategies in cooperative learning STAD-type can know the development of students' metacognition.
Keywords: metacognition, metacognitive strategies, cooperative learning, elasticity.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
RAK MIPA JPPPF Vol.2-3 (1-2,1)2016-2017
Penerbit Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Hal. 43-50, Vol.2 No.1 Juni
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
24610933
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
JPPPF Vol.2 No.1 Juni 2016
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this