Detail Cantuman
Advanced Search![No image available for this title](./images/default/image.png)
Text
ADAPTASI PERMAINAN ANGKLUNG KE DALAM PERMAINAN DIGITAL BERBASIS TEKNOLOGI LAYAR SENTUH
Angklung adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang saat ini telah melalui banyak perubahan, baik dalam segi bentuk, maupun fungsi. Awalnya, angklung digunakan untuk aktivitas spiritual, kemudian berkembang menjadi alat musik yang ditampilkan di panggung, serta menjadi alat edukasi. Beberapa tahun belakangan, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, angklung diadaptasi ke media-media digital, salah satunya media dengan teknologi layar sentuh. Dalam mendesain permainan digital dengan angklung sebagai objeknya, beberapa adaptasi diperlukan untuk mengubah metode manual menjadi digital. Penelitian ini disusun melalui pengumpulan data berupa perngambilan gambar teknik-teknik bermain angklung, maupun dari studi pustaka tentang stuktur permainan digital, dan Interaksi dalam teknologi layar sentuh. Setelah semua data terkumpul, perancangan permainan digital angklung dapat dilakukan dengan menggabungkan teori game dan interaksi. Penelitian ini dilakukan untuk memberi rekomendasi pengadaptasian permainan angklung secara manual menjadi permainan musik digital dengan teknologi layar sentuh
Kata kunci: permainan musik digital, angklung, teknologi layar sentuh
Abstract: Angklung is one of Indonesian traditional music instrument that has experienced some changes, in term of function and form. At first, angklung was used for spiritual activities, and then angklung was developed for performance and education activities. Recently, along with technological development, angklung can be adapted into digital medias, for example into a media with technology. In designing an angklung digital game, some adaptations from manual method to digital method are needed. This research is done by collecting images data about angklung playing techniques, and from literature about digital game structure, and interaction in touch screen technology. After all the data is collected, the game can be designed by applying game and interaction theory to the game. This Research is done to provide a recommendation in adapting angklung to a digital rhythm game with touch screen technology.
Keywords: digital rhythm game, angklung, touch screen technology
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
Rak Ekonomi Demandia Vol.1-2/2016-2018
|
Penerbit | Telkom University : Bandung., 2016 |
Deskripsi Fisik |
Hal. 18-33, Vol.1 No.1 Maret
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
24776106
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Demandia Vol.1 (1) 2016
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Erneza Dewi Krishnasari
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain