Detail Cantuman
Advanced Search![No image available for this title](./images/default/image.png)
Text
MENGUNGKAP RETORIKA IKLAN MELALUI PENDEKATAN SEMIOTIKA Studi Kasus pada Iklan FedEx
Iklan dikenal sebagai media komunikasi yang memberikan informasi tentang produk dan jasa, menyampaikan pesan dengan berbagai cara yang menarik, sehingga mampu mengubah persepsi masyarakat terhadap suatu produk/jasa, berbagai strategi dan cara persuasi dilakukan oleh para pengiklan, mulai dari penyampaian yang benar hingga pada penyampaian informasi yang seolah-olah benar dengan menampilkan alasan-alasan logis. Melalui pengamatan visual terhadap iklan jasa pengantaran barang yang terpilih dari tiga buah iklan sejenis yang ditawarkan, serta analisis terhadap berbagai tingkat pemaknaan dan cara penyajian iklan cenderung menampilkan pesan atau informasi yang tidak sesuai dengan realitas sesungguhnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa Iklan-iklan tersebut menggunakan pendekatan retoris sebagai persuasi untuk merubah persepsi masyarakat melalui realitas (palsu). Penelitian ini bertujuan untuk mengupas makna visual yang ditampilkan dalam iklan serta pemahaman tentang pemanfaatan gaya retoris sebagai strategi persuasi dalam iklan.
Kata kunci: retorika, iklan, semiotika
Advertising is known as a communication medium that provides information about products and services delivering messages with interesting way, it could change public perception of products or services, with various strategies by advertisers, ranging from the right information up to the submission of information that seems right to display the logical reasons. Through visual observation of the ads delivery service from the three similar advertisements offered, as well as an analysis of various levels of meaning and how the presentation of advertising, it tends to display a message or information that is not equal to the actual reality. The results show that this ad uses a rhetorical approach as persuasion to change the public perception over (false) reality. This study aims to explore the meaning of the visual in the ad as well as an understanding of the use of rhetorical strategy of persuasion in advertising.
Keywords: rhetoric, advertising, semiotics
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
Rak Ekonomi Demandia Vol.1-2/2016-2018
|
Penerbit | Telkom University : Bandung., 2016 |
Deskripsi Fisik |
Hal. 51-60, Vol.1 No.1 Maret
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
24776106
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Demandia Vol. 1 (1) 2016
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Mohamad Tohir
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain