Detail Cantuman
Advanced Search![No image available for this title](./images/default/image.png)
Text
IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM DENGAN VIDEO TUTORIAL PADA PEMBELAJARAN FOTOGRAFI KOMERSIAL
Makalah ini merupakan bagian penelitian kami tentang penggunaan teknologi multimedia dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Pesatnya perkembangan perekonomian dewasa ini memberikan pengaruh positif pada dunia fotografi komersial Bisnis online adalah salah satu penyebab fotografi komersial menjadi sangat dibutuhkan. Tentunya hal tersebut secara langsung akanmempengaruhi pembelajaran tentang fotografi produk. Dalam pembelajaran fotografi komersial diperlukan pemahaman dan praktek yang intensif. Hal ini diatasi dengan mewajibkan mahasiswa mempelajari teori sebelum perkuliahan dan selanjutanya pada waktu dikelas langsung melakukan praktek. Metode pembelajaran seperti ini dikenal dengan nama metode Flipped Classroom. Media pembelajaran yang digunakan dalam Flipped Classroom adalah media video. Sifat dari media ini dapat membantu pebelajar untuk belajar mandiri. Pada penelitian ini selain belajar melalui video mahasiswa juga belajar secara aktif dengan mempraktekkan teori yang telah dipelajari sebelumnya, dengan bekerja berkelompok dan dengan melakukan diskusi terhadap hasil foto yang telah dicapai. Hasil penelitian kualitatif sederhana menunjukkan bahwa mahasiswa merasa lebih nyaman dalam melakukan praktek pembelajaran dengan cara flipped classroom. Dari hasil observasi dan wawancara baik terhadap mahasiswa maupun asisten/tutor terlihat bahwa mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran dan termotivasi dengan adanya contoh video yang menampilkan detail pelaksanaan pemotretan sehingga bisa lebih efektif dari segi tenaga dan waktu.
Kata kunci: Video Tutorial, Fotografi Komersial, Media Pembelajaran, Flipped Classroom
Abstract: This research is about using multimedia technology in increasing learning output. The rapid development of today's economy contributes a positive impact on commercial photography. Online business is one of the factors that make it required. It certainly will affect the course of product photography. In commercial photography as a course, an intensive understanding and practice is required. It is solved by assigning the students to learn the theory before the lecture and continue the practice in the classroom. This learning method is known as Flipped Classroom. The earning media used is video. It is believed that it is able to encourage the students to be independent learners. With their team, the students discuss their photography works that have been made. The qualitative research finding shows that the students prefer learning with this flied classroom method.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
Rak Ekonomi Demandia Vol.1-2/2016-2018
|
Penerbit | Telkom University : Bandung., 2017 |
Deskripsi Fisik |
Hal. 20-36, Vol. 02 No.1 Maret
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
24776106
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Demandia Vol. 02 (1) 2017
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Francisca H. Chandra dan Yulius Widi Nugroho
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain