No image available for this title

Text

IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM DENGAN VIDEO TUTORIAL PADA PEMBELAJARAN FOTOGRAFI KOMERSIAL



Makalah ini merupakan bagian penelitian kami tentang penggunaan teknologi multimedia dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Pesatnya perkembangan perekonomian dewasa ini memberikan pengaruh positif pada dunia fotografi komersial Bisnis online adalah salah satu penyebab fotografi komersial menjadi sangat dibutuhkan. Tentunya hal tersebut secara langsung akanmempengaruhi pembelajaran tentang fotografi produk. Dalam pembelajaran fotografi komersial diperlukan pemahaman dan praktek yang intensif. Hal ini diatasi dengan mewajibkan mahasiswa mempelajari teori sebelum perkuliahan dan selanjutanya pada waktu dikelas langsung melakukan praktek. Metode pembelajaran seperti ini dikenal dengan nama metode Flipped Classroom. Media pembelajaran yang digunakan dalam Flipped Classroom adalah media video. Sifat dari media ini dapat membantu pebelajar untuk belajar mandiri. Pada penelitian ini selain belajar melalui video mahasiswa juga belajar secara aktif dengan mempraktekkan teori yang telah dipelajari sebelumnya, dengan bekerja berkelompok dan dengan melakukan diskusi terhadap hasil foto yang telah dicapai. Hasil penelitian kualitatif sederhana menunjukkan bahwa mahasiswa merasa lebih nyaman dalam melakukan praktek pembelajaran dengan cara flipped classroom. Dari hasil observasi dan wawancara baik terhadap mahasiswa maupun asisten/tutor terlihat bahwa mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran dan termotivasi dengan adanya contoh video yang menampilkan detail pelaksanaan pemotretan sehingga bisa lebih efektif dari segi tenaga dan waktu.
Kata kunci: Video Tutorial, Fotografi Komersial, Media Pembelajaran, Flipped Classroom

Abstract: This research is about using multimedia technology in increasing learning output. The rapid development of today's economy contributes a positive impact on commercial photography. Online business is one of the factors that make it required. It certainly will affect the course of product photography. In commercial photography as a course, an intensive understanding and practice is required. It is solved by assigning the students to learn the theory before the lecture and continue the practice in the classroom. This learning method is known as Flipped Classroom. The earning media used is video. It is believed that it is able to encourage the students to be independent learners. With their team, the students discuss their photography works that have been made. The qualitative research finding shows that the students prefer learning with this flied classroom method.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Rak Ekonomi Demandia Vol.1-2/2016-2018
Penerbit Telkom University : Bandung.,
Deskripsi Fisik
Hal. 20-36, Vol. 02 No.1 Maret
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
24776106
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Demandia Vol. 02 (1) 2017
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this