No image available for this title

Text

KAJIAN PENGARUH FASHION DALAM GAME DIGITAL PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP MAHASISWA DIII-SRD UK. MARANATHA (STUDI KASUS: CITY GIRL LIFE)



City Girl Life (CGL) adalah sebuah game dengan genre life simulation pada media sosial Facebook yang dikembangkan oleh Rockyou sebagai game developer, sebagai perkembangan dari Disney City Girl (DCG) oleh Disney Playdom. CGL bermula diciptakan pada Desember 2012 dan telah diluncurkan pertama kali pada Januari 2013 dengan format awal yakni DCG. CGL memperlihatkan tentang interaksi sosial yang terjadi antara player dengan pemain lain sebagaimana halnya sistem permainan pada game simulasi fenomenal, The Sims, yang lebih mengutamakan konsep girly di dalamnya. Berbekal desain avatar dan konten baju-baju rancangan desainer terkenal, CGL merupakan game yang menampilkan konsep dan gaya hidup sosialita dengan berbagai aktivitas yang dapat dimainkan seperti profesi fashion designer, celebrity chef, author, musician, dan engineer, yang sedang menjadi tren di kalangan generasi muda dewasa ini Penelitian mengenai CGL ini ditujukan untuk mengetahui hingga sejauh mana keterikatan pemain game CGL terhadap user interface dan interaksi yang terjadi di dalamnya, serta pengaruh fashion dalam konteks memperkenalkan budaya fashion yang ditampilkan di sepanjang storyline game CGL.
Kata Kunci: budaya pop, fashion, game digital, girly, interaksi, simulasi

City Girl Life (CGL) is a life simulation game which can be found on the social media, Facebook, developed by Rockyou as the game developer, as a continueing form of Disney City Girl (DCG) by Disney Playdom. CGL was started in December 2012 and was launched in January 2013 for the first time with DCG form. CGL shows us about the social interraction that occurs between the player with the other players, which similar with the game system at the phenomenal simulation game, The Sims, by using a girly concept in it. Armed with avatars and content of designs dresses from several famous designer, CGL is a game that shows main concept of socialite lifestyle with a variety of activities that can be played as a professional fashion designer, celebrity chef, author, musician, and engineer, which is becoming a trending topics in among young people today. Research on the CGL is intended to determine the extent to which attachment to the CGL game player based on user interface and interactions that occur within it, as well as the influence of fashion culture recognition displayed along the game's storyline of CGL.
Keywords: digital game, fashion, girly, interaction, pop culture, simulation


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Rak Ekonomi Demandia Vol.1-2/2016-2018
Penerbit Telkom University : Bandung.,
Deskripsi Fisik
Hal. 72-93, Vol.11 No.1 Maret
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
24776106
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Demandia Vol. 02 (1) 2017
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this