Detail Cantuman
Advanced Search![No image available for this title](./images/default/image.png)
Text
IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI WISATA EDUKASI JENDELA ALAM
Indonesia memiliki potensi keindahan dan kekayaan alam yang sangat besar, dimana potensi tersebut dapat dirangkai menjadi satu daya tarik wisata. Salah satu objek wisata yang memaksimalkan potensi alam Indonesia adalah wisata Jendela Alam yang terletak di daerah Lembang, kabupaten Bandung Barat. Namun tempat wisata ini masih belum dikenal oleh masyarakat luas karena promosi yang dilakukan belum maksimal, sehingga kurangnya minat masyarakat untuk berkunjung ke wisata edukasi alam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Perolehan data dianalisis menggunakan matriks perbandingan. Perancangan ulang identitas visual diperlukan untuk menciptakan sebuah image yang mudah dikenal oleh wisatawan, dan penerapan pada media promosi yang sesuai. Perancangan difokuskan pada unsur pariwisata edukasi alam dan sebagai acuan dalam visualisasi media-media promosi. Adanya perancangan ini akan membantu pihak Jendela Alam membuat identitas visual dan media promosi untuk meningkatkan minat masyarakat agar tertarik berkunjung ke wisata edukasi alam.
Kata Kunci: jendela alam, wisata edukasi alam, identitas visual, media promosi
Indonesia has the potential beauty and great natural wealth, where could be turned into a tourist attraction. One of the destinations that could maximize the potential of Indonesia's educational tour of nature is a Jendela Alam which located in Lembang, West Java. But these places are still not well known by the public, because the promotion is not maximized, so that people are less interested in visiting this educational tour of nature. The methods used in data collection are observation and documentation, interviews, questionnaires, and literature. Data were analyzed using matrix data comparison. The result, redesigning the visual identity needed to create an image that is easily recognized by tourists, and the application to the appropriate media campaign. The design is focused on nature tourism and educational element as a reference in the visualization of media promotion. The existence of this design will help Jendela Alam publishes travel visual identity and media promotions to increase public to be more interested in visiting educational tour of nature.
Keywords: jendela alam, educational tours of nature, visual identity, promotional media
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
Rak Ekonomi Demandia Vol.1-2/2016-2018
|
Penerbit | Telkom University : Bandung., 2017 |
Deskripsi Fisik |
Hal. 113-128, Vol. 02 No.1 Maret
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
24776106
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Demandia Vol. 02 (1) 2017
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Sari Ramadeni dan Didit Widiatmoko Soewardikoen
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain