Detail Cantuman
Advanced Search![No image available for this title](./images/default/image.png)
Text
Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Modifikasi Penemuan Terbimbing Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions modifikasi penemuan terbimbing ditinjau dari kemampuan verbal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) berdasarkan model pembelajaran, prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions sama baiknya dengan prestasi belajar matematika peserta didik yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions modifikasi penemuan terbimbing, baik pada peserta didik yang memiliki kemampuan verbal tinggi, sedang dan rendah, (2) ditinjau dari kemampuan verbal, peserta didik yang memiliki kemampuan verbal tinggi lebih baik daripada peserta didik yang memiliki kemampuan verbal sedang dan rendah, dan peserta didik yang memiliki kemampuan verbal sedang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki kemampuan verbal rendah.
Kata kunci: kemampuan verbal, prestasi belajar matematika, student teams' achievement divisions modifikasi penemuan terbimbing, student teams' achievement divisions
The purpose of this study was to compare the learning achievement using cooperative learning model Student Teams Achievement Divisions with cooperative learning model Student Teams Achievement Divisions modification of guided discovery in terms of verbal ability. Based on the results of the study concluded that (1) based on a model of learning. the mathematics achievement of students who use cooperative learning model Student Teams Achievement Divisions as good with mathematics achievement of students who use cooperative learning model Student Teams Achievement Divisions modifications guided discovery, both on students who have the high verbal skills, medium and low, (2) base on terms of verbal skills, mathematics achievement of students who have high verbal ability is better than mathematics achievement of students who have medium and low verbal ability, and mathematics achievement of students have medium verbal skills better than mathematics achievement of students have the ability low verbal skills.
Keywords: mathematics achievement, student teams' achievement divisions modification guided discovery, student teams' achievement divisions, verbal ability
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
Rak Pendidikan JurPendidikan/2015-2016
|
Penerbit | Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka : Jakarta., 2016 |
Deskripsi Fisik |
Hal. 1-14, Vol.11 No.1 Maret
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
14111942
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Jurnal Pendidikan Vol. 16, No. (1) 2015
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Herlina
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain