Detail Cantuman
Advanced Search![No image available for this title](./images/default/image.png)
Text
Pengembangan Buku Ajar Modular untuk Pendidikan Anak Berbakat
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran modular yang dapat digunakan sebagai model untuk mendukung program pendidikan untuk siswa berbakat. Penelitian dan pendekatan pembangunan, dikemukakan oleh Borg, Gall dan Gall (2007), digunakan untuk mengembangkan materi. Borg, Gall dan Gall menyarankan untuk menerapkan sepuluh langkah dari Dick, Carey dan Carey (2010) model untuk mengembangkan bahan ajar. Sepuluh langkah tersebut meliputi: (1) mengidentifikasi tujuan instruksional; (2) melakukan analisis instruksional: (3) mengidentifikasi perilaku entri; (4) menulis tujuan performace; (5) mengembangkan kriteria referensi tes; (6) mengembangkan strategi pembelajaran; (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran; (8) mengembangkan dan melakukan evaluasi formatif; (9) merevisi instruksi; (10) mengembangkan dan melakukan evaluasi sumatif. Kesepuluh langkah ini digunakan untuk mengembangkan pendekatan modular bahan ajar yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru dan pendidik dalam merancang program pembelajaran untuk anak-anak berbakat.
Kata kunci: bahan ajar, desain dan pengembangan, pendekatan modular
The aim of this research is to develop a modular instructional material that can be used as a model to support educational program for gifted students. Research and development approach, proposes by Borg, Gall and Gall (2007), was used to develop the material. Borg, Gall and Gall advise to apply ten steps of Dick, Carey and Carey (2010) model for developing an instructional material. Those ten steps include: (1) identify instructional goals; (2) conduct instructional analysis: (3) identify entry behaviors; (4) write performance objectives; (5) develop criterion referenced tests; (6) develop instructional strategy; (7) develop and select instructional materials; (8) develop and conduct formative evaluation; (9) revise instruction; (10) develop and conduct summative evaluation. The ten steps were used to develop modular approach of instructional materials that can be used to increase the knowledge and skills of teachers and educators in designing learning program for gifted children.
Keywords: design and development, instructional materials, modular approach
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
Rak Pendidikan JurPendidikan Vol.16/2015
|
Penerbit | Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka : Jakarta., 2015 |
Deskripsi Fisik |
Hal. 47-53, Vol.16 No.1 Maret
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
14111942
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Jurnal Pendidikan Vol. 16, No. (1) 2015
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Benny A. Pribadi, Asnah Said, & Surachman Dimyati
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain