No image available for this title

Text

Pengembangan Buku Ajar Modular untuk Pendidikan Anak Berbakat



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran modular yang dapat digunakan sebagai model untuk mendukung program pendidikan untuk siswa berbakat. Penelitian dan pendekatan pembangunan, dikemukakan oleh Borg, Gall dan Gall (2007), digunakan untuk mengembangkan materi. Borg, Gall dan Gall menyarankan untuk menerapkan sepuluh langkah dari Dick, Carey dan Carey (2010) model untuk mengembangkan bahan ajar. Sepuluh langkah tersebut meliputi: (1) mengidentifikasi tujuan instruksional; (2) melakukan analisis instruksional: (3) mengidentifikasi perilaku entri; (4) menulis tujuan performace; (5) mengembangkan kriteria referensi tes; (6) mengembangkan strategi pembelajaran; (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran; (8) mengembangkan dan melakukan evaluasi formatif; (9) merevisi instruksi; (10) mengembangkan dan melakukan evaluasi sumatif. Kesepuluh langkah ini digunakan untuk mengembangkan pendekatan modular bahan ajar yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru dan pendidik dalam merancang program pembelajaran untuk anak-anak berbakat.
Kata kunci: bahan ajar, desain dan pengembangan, pendekatan modular

The aim of this research is to develop a modular instructional material that can be used as a model to support educational program for gifted students. Research and development approach, proposes by Borg, Gall and Gall (2007), was used to develop the material. Borg, Gall and Gall advise to apply ten steps of Dick, Carey and Carey (2010) model for developing an instructional material. Those ten steps include: (1) identify instructional goals; (2) conduct instructional analysis: (3) identify entry behaviors; (4) write performance objectives; (5) develop criterion referenced tests; (6) develop instructional strategy; (7) develop and select instructional materials; (8) develop and conduct formative evaluation; (9) revise instruction; (10) develop and conduct summative evaluation. The ten steps were used to develop modular approach of instructional materials that can be used to increase the knowledge and skills of teachers and educators in designing learning program for gifted children.
Keywords: design and development, instructional materials, modular approach


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Rak Pendidikan JurPendidikan Vol.16/2015
Penerbit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Hal. 47-53, Vol.16 No.1 Maret
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
14111942
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Jurnal Pendidikan Vol. 16, No. (1) 2015
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this