No image available for this title

Text

Profil Kinerja Guru Pendidikan Jasmani SD Negeri (Penilaian Teman Sejawat dan Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Penjas SD di UPT Purworejo, Banyuurip, dan Kutoarjo)



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penilaian teman sejawat dan siswa terhadap kinerja guru pendidikan jasmani (Penjas) SD Negeri di Kabupaten Purworejo, Banyuurip dan Kutoarjo terkait dengan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Artikel ini hanya membahas kompetensi pedagogik dari guru penjas tersebut. Desain penelitian adalah survey dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada teman sejawat dan siswa. Populasi adalah seluruh guru penjas di SD di Wilayah Purworejo, Banyuurip dan Kutoarjo dengan sampel sebanyak 200 guru yang diambil dengan teknik random sampling. Kuesioner yang kembali sebanyak 164 eksemplar. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik persentase untuk memudahkan pemaparan dan mendeskripsikan secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir sebagian besar teman sejawat menilai bahwa kompetensi pedagogik guru Penjas di SD di Wilayah Purworejo, Banyuurip dan Kutoarjo sudah baik (88%) atau sangat baik (29,2%). Siswa menilai kompetensi pedagogik guru Penjas mereka dengan sangat baik 33,9%, baik 16,8% dan cukup baik 14,8%. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian ini adalah bahwa guru Penjas di SD di Wilayah Purworejo, Banyuurip, dan Kutoarjo harus terus meningkatkan kemampuannya dalam segala hal terutama kompetensi pedagogik karena penilaian siswa masih belum optimal.
Kata Kunci: kinerja, guru pendidikan jasmani, sekolah negeri

This study aims to determine the results of peer and student assessment of the performance of physical education teachers (Penjas) Elementary School in Purworejo, Banyuurip and Kutoarjo associated with pedagogical, professional, personal and social. This article only discusses the pedagogical competence of the physical education teacher. The study design was a survey with data collection by distributing questionnaires to colleagues and students. The population is the entire physical education teacher at the elementary school in the area Purworejo, Banyuurip and Kutoarjo with a sample of 200 teachers were taken by random sampling technique Questionnaires were returned as many as 164 copies. The collected data were then analyzed by using percentages to facilitate exposure and describe in narrative. The results showed that most of the peers judge that pedagogical competence of teachers in elementary schools in Region Penjas Purworejo, Banyuurip and Kutoarjo is good (88%) or very good (29.2%). Students assess their pedagogical competence Penjas teachers with excellent 33.9%, 16.8% good and 14.8% is good enough. Recommendations based on the results of this study is that teachers in elementary school in the area Penjas Purworejo, Banyuurip, and Kutoarjo must continue to improve its ability in all respects especially pedagogical competence for student assessment is still not optimal.
Keywords: performance, physical education teachers, public school


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Rak Pendidikan JurPendidikan Vol.16/2015
Penerbit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Hal. 54-64, Vol.16 No.1 Maret
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
14111942
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Jurnal Pendidikan Vol. 16, No. (1) 2015
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this