No image available for this title

Text

Community Health Education Through Non-Formal Education in Pakistan



Pendidikan kesehatan merupakan komponen integral dari pelayanan kesehatan primer. Petugas kesehatan wanita menyediakan berbagai layanan kesehatan kepada masyarakat di Pakistan. Mereka harus menyadari dan dilatih tentang aspek kuratif dan preventif pelayanan kesehatan primer. Ada kebutuhan mendesak untuk mendidik dan mengatur kesehatan pelatihan pendidikan untuk petugas kesehatan wanita. Jadi studi ini dirancang pada "pendidikan kesehatan masyarakat melalui pendidikan non-formal". Populasi dari penelitian ini adalah petugas kesehatan wanita, master trainer dan masyarakat. Tanggal dikumpulkan melalui lima titik skala Likert dan beberapa pertanyaan terbuka untuk petugas kesehatan wanita dan master trainer dan wawancara checklist untuk masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petugas kesehatan wanita tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang kesehatan dan penyakit umum. Ada cukup pelatihan in-service bagi petugas kesehatan wanita untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk hasil yang lebih baik. Studi direkomendasikan bahwa selain program pelatihan yang ada, sesi kesehatan pelatihan harus diatur melalui videoconference/ telekonferensi, kursus pelatihan online, media sosial, TV/program Radio FM, literatur terbaru, program CD yang direkam untuk petugas kesehatan wanita.
Kata kunci: pelatihan pendidikan kesehatan, pendidikan non-formal, perawatan
kesehatan primer, petugas kesehatan wanita.

Health education is an integral component of primary health care. Women health workers provide a variety of health services to communities in Pakistan. They should be aware of and trained on the curative and preventive aspects of primary health care. There is an urgent need to educate and organize health education training for women health workers. So this study was designed on "public health education through non-formal education". The population of this study was female health workers, master trainers and the community. Dates were collected through a five-point Likert scale and several open-ended questions for female health workers and master trainers and an interview checklist for the community. The results showed that female health workers did not have sufficient knowledge about health and common diseases. There is sufficient in-service training for women health workers to enhance their skills and knowledge for better outcomes. The study recommended that in addition to existing training programs, health training sessions should be organized through videoconference/teleconference, online training courses, social media, TV/FM Radio programs, latest literature, recorded CD programs for women health workers.
Key words: health education training, non-formal education, care primary health care, female health workers.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Rak Pendidikan JurPendidikan Vol.16/2015
Penerbit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Hal. 150-157, Vol.11 No.1 Maret
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
14111942
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Jurnal Pendidikan Vol. 16, No. (2) 2015
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this