No image available for this title

Text

The Quest for Inauthenticity: How Indonesian Bikers Co-Produce Value through Brand Camouflage = Pencarian Ketidakaslian: Bagaimana Bikers Indonesia Bersama-sama Menghasilkan Nilai melalui Kamuflase Merek



Konsep logika dominan layanan (SDL) menyatakan bahwa produksi bersama dari proses nilai terjadi selama tahap pra-produksi. Studi ini menyatakan bahwa proses tersebut juga dapat terjadi pada tahap konsumsi melalui kamuflase merek. Untuk membuktikan anggapan tersebut, penulis mempelajari konsumen sepeda motor Kaisar Ruby Moge buatan China yang paling sukses di Indonesia, yang di antaranya kamuflase merek hampir menjadi suatu keharusan. Netnografi digunakan sebagai metode penelitian. Data dikumpulkan dari website komunitas merek, blog sepeda motor, dan forum penggemar virtual. Penelitian ini menemukan bahwa para bikers bersama-sama menciptakan nilai-nilai pengalaman, nilai-nilai sosial, ekspresi diri, dan harga diri kolektif melalui kamuflase merek. Nilai-nilai bersifat hierarkis dan sumber utamanya adalah ketidakotentikan obyektif. Penulis menyarankan agar 'mudah dikamuflase' dapat dijadikan sebagai proposisi penjualan unik dalam pemasaran sepeda motor. Peneliti lain disarankan untuk mempelajari kamuflase merek lebih lanjut untuk memastikan validitas eksternalnya.

Service dominant logic (SDL) concept posits that co-production of value process occurs during pre-production stages. This study holds that that process can also be occurred during consumption stage through brand camouflage. To prove this notion, the author studied the Indonesia most successful China-made motorcycle Kaisar Ruby Moge consumers, among which brand camouflage is almost a must. Netnography was utilized as research method. Data are collected from brand community websites, motorcycle blogs, and virtual forum of fans. This research found that bikers co-create experiential, social values, self-expression and collective self-esteem values through brand camouflage. Values are hierarchical in nature and the main source of them is objective inauthenticity. The author suggests that 'easy to camouflage' can be used as unique selling proposition in motorcycle marketing. Other researchers are suggested to study brand camouflage further to ensure its external validity.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
RAK Ekonomi BUSINESS STUDIES Vol. 7 (1-2) 2014
Penerbit Prasetiya Mulya Publishing : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Hal. 121-139, Vol.7 No.2
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
20896271
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
BUSINESS STUDIES Vol. 7 (2) 2014
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this