No image available for this title

Text

Merantau An Informal Entrepreneurial Learning Pattern in The Culture of Minangkabau Tribe in Indonesia



Tujuan dari makalah ini adalah untuk menjelaskan pola pembelajaran kewirausahaan informal yang dilakukan oleh suku Minangkabau di Indonesia serta mengkaitkannya dengan dimensi budaya dan nilai masyarakat yang didapat. Pola pembelajaran kewirausahaan informal ini disebut 'Merantau' - yang dapat diartikan sebagai "beremigrasi", dimana laki-laki muda (sebagian besar berumur 15-20 tahun atau lebih muda) meninggalkan tanah air mereka; pindah ke luar kota atau luar negeri, dan menjalankan kegiatan kewirausahaan dalam kesehariannya. Keberadaan "merantau" sebagai budaya pembelajaran kewirausahaan informal bagi suku Minangkabau muda yang dikombinasikan dengan dimensi budaya mereka dan nilai-nilai, telah memberikan kontribusi pada pembentukan suku Minangkabau serta membawa dampak positif terhadap budaya kewirausahaan tersebut. Suku Minangkabau, sebagai salah satu suku di Indonesia, berada pada lingkungan sosial yang sangat mendukung dimana budaya kewirausahaan diakui sebagai bagian dari cara hidup. Oleh karena itu, suku Minangkabau dikenal sebagai salah satu suku yang paling membawa sikap kewirausahaan di Indonesia. Makalah ini mempertimbangkan nilai dan dimensi budaya yang didapat yang membawa konsekuensi untuk budaya kewirausahaan masyarakat, dengan analisis khusus pada suku Minangkabau di Indonesia. Analisis dilakukan dengan mempertimbangkan unsur-unsur dan indeks dimensi budaya serta nilai-nilai yang didapat oleh masyarakat yang dapat membentuk dan memulai kebim wirausaha serta mengkaitkannya dengan kewirausahaan Hasil analisis menunjukkan bukti bahwa budyn masyarakat juga berperan penting untuk menciptakan dan memelihara kebiasaan kewirausahaan serta pengalaman masyarakat Bersama dengan dimensi budaya dari suatu masyarakat, nilai-nilai yang dimiliki oleh masyarakat juga berkontribusi dalam penciptaan budaya kewirausahaan masyarakat tersebut Hof in ditunjukkan dalam konteks suku Minangkaban yang dikenal sebagai suku wirausaha yang ada di Indonesi Walau bagaimanapun, penelitian ini menganalisa suatu latar belakang budaya dari salah satu suku yang of di Indonesia. Beranjak dari penelitian ini, perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan menginvestiga beberapa latar belakang budaya dari berbagai etnis kelompok suku di Indonesia dan negara lain Secara komparatif, hal tersebut dapat menambah pengetahuan kaitannya dengan kewirausahaan dan hubunganny dengan dimensi budaya serta nilai-nilai yang didapat dari masyarakat komunitas kelompok etnis
Kata kunci. Merantau. Pembelajaran Kewirausahaan Informal, Dimensi Budaya, Nilai yang Didapat

The aim of this paper is to expose an informal entrepreneurial learning pattern that is undertaken by the Minangkabau tribe in Indonesia and relate it to cultural dimension and perceived value of a society. This informal entrepreneurial learning pattern is called as 'Merantau' - which can simply be meant as 'to emigrate. in which the young males (mostly during the ages of 15-20, or even younger) leave their homeland, move to other places nationwide or abroad, and running entrepreneurial activities for their daily life. The existence of with their cultural dimension and perceived values have contributed to the creation of and bring positive impacts to entrepreneurial culture of the Minangkabau tribe. The Minangkabau tribe, as one of tribes in Indonesia, experiences very supportive social environment in which entrepreneurial culture is recognised as t of the way of life. Therefore, Minangkabau tribe is known as one of the most entrepreneurial tribes in Indonesia. This paper considers perceived value and cultural dimension that may bring consequence to entrepreneurial culture of a society, with particular analysis to Minangkabau tribe in Indonesia. Analysis is undertaken by considering the elements and index of cultural dimension and perceived values of a society that can create and initiate entrepreneurial habits and relate them to entrepreneurship. Result of the analysis shows evidence that culture of a society also plays an important role to create and maintain entrepreneurial habits and experience of a society. Together with cultural dimension of a society, perceived values that a society has, also contributes to the creation of entrepreneurial culture of that society. This is shown in the context of the Minangkabau tribe who is well known as an entrepreneurial tribe in Indonesia. However, this study analyses one single cultural background from a specific tribe in Indonesia and since it was undertaken to a single cultural background, it will be worth to extend this study and investigation into several cultural and value backgrounds from various ethnic groups/tribes in Indonesia or any other countries. Comparatively, this will add knowledge and dimension regarding entrepreneurship and its relationship to cultural dimension and perceived values of a society/community/ethnic group.
Keywords: Merantau, Informal Entrepreneurial Learning, Cultural Dimension, Perceived Value.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Rak Ekonomi DeRaMa Vol.11-12/2016-2017
Penerbit : Tangerang.,
Deskripsi Fisik
Hal. 15 -34, Vol.11 No.1 Mei
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
19070853
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
DeReMa Vol. 11 (1) 2016
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this