No image available for this title

Text

Persepsi Siswa Mengenai Lingkungan dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial



Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa atas lingkungan dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa atas lingkungan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa. 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 3 kelas dari 3 sekolah yaitu: SMPN 4, SMPN 7 dan SMPN 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan persepsi siswa atas lingkungan dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. 2) Terdapat pengaruh signifikan persepsi siswa atas lingkungnan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Bekasi
Kata kunci: Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar, Kebiasaan Belajar

The general objectives of this research are 1) to know whether or not the influence of students' perceptions on the environment and learning habits on student learning achievement of Social Sciences. 2) Knowing whether or not the influence of students' perceptions of the environment on the learning achievement of Social Sciences students. 3) Knowing whether or not the influence of learning habits on learning achievement Social Science students. The research method used is descriptive survey method. The number of samples taken as many as 3 classes from 3 schools are: SMPN 4, SMPN 7 and SMPN 13. The results show that: 1) There is a significant influence of students' perceptions of the environment and learning habits together on learning achievement Social Science junior high school students Country in the City of Bekasi. 2) There is a significant influence of students' perceptions on the environment on the learning achievement of Social Sciences students of SMP Negeri in Kota Bekasi. 3) There is a significant influence of learning habits on learning achievement Social Science students in SMP Negeri Bekasi
Keywords: Learning Environment, Learning Achievement, Learning Habit


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
RAK Sosial sosio e-kons Vol.9-11/2017-2019
Penerbit Program Studi Pendidikan IPS Universitas Indraprasta PGRI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Hal. 18-24, Vol.9 No.1April
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
20852266
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
sosio e-kons VOL. 9 (1) 2017
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this