No image available for this title

Text

Perbedaan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar = Differences of Achievement Motivation Students of Class IV, V, and VI Elementary School



Salah satu keberhasilan siswa dalam pendidikan ditunjukkan oleh prestasi akademiknya. Hal lah yang belum dimiliki oleh para siswa untuk selalu meningkatkan motivasi berprestasinya. Motivasi berprestasi yang dimiliki seseorang idealnya selalu mengalami kemajuan sehingga akan mempercepat apa yang diinginkan. Tujuan penelitian adalah diketahuinya perbedaan rata-rata motivasi berprestasi siswa kelas IV, V, dan VI SD Negeri Sumber Rahayu OKU Timur tahun 2017. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan angket untuk mendapatkan data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dan ANOVA (One Way ANOVA). Penelitian ini dilaksanakan pada 13 November 2017 s.d 06 Januari 2018 di SD Negeri Sumber Rahayu OKU Timur. Hasil penelitian menemukan jika terdapat perbedaan nilai rata- rata motivasi berprestasi siswa kelas IV, V, dan VI SD Negeri Sumber Rahayu OKU Timur tahun 2017. Untuk itu, sebaiknya guru lebih memperhatikan minat dan bakat agar siswa dapat terus meningkatkan motivasinya untuk terus berprestasi, lebih mengetahui cara membuat pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga siswa lebih termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.
Kata-kata kunci: motivasi, motivasi berprestasi, siswa sekolah dasar

One of the successes of students in education is shown by their academic achievements. This is what students do not have to always improve their achievement motivation. Achievement motivation possessed by someone ideally always progresses so that it will accelerate what is desired. The purpose of the study was to find out the difference in the average achievement motivation of grade IV, V, and VI students of Sekolah Dasar Negeri Sumber Rahayu OKU Timur in 2017. The research design used a quantitative approach. Data collection uses observation and questionnaire guidelines to obtain primary and secondary data. Data analysis techniques using independent sample t-test and ANOVA (One-Way ANOVA). This research was conducted on November 13, 2017 until January 06, 2018 in Sumber Rahayu OKU Timur Elementary School. The results of the study found that if there were differences in the average score of achievement motivation for grade IV, V, and VI students of Sekolah Dasar Negeri Sumber Rahayu OKU Timur in 2017. For that reason, teachers should pay more attention to their interests and talents so that students can continue to improve their motivation to continue achieving, more knowing how to make learning in class more interesting and fun so students are more motivated to take part in learning.
Keywords: motivation, achievement motivation, elementary school student


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
PERSPEKTIF ILMU PENDIDIKAN
No. Panggil
Rak Pendidikan Perspektif/Vol.30-32/2016-2018
Penerbit Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Hal. 87-93
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
14115255
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol. 32 (2) 2018
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this