No image available for this title

Text

The Effects of Instructional Method and Learning Resources towards Students' Speaking Skill = Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sumber Belajar terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas



Keterampilan berbicara dipengaruhi oleh dua faktor eksternal yaitu metode pembelajaran dan sumber belajar. Keberadaan sumber belajar dan metode pembelajaran berpengaruh terhadap kelancaran proses pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan memperoleh data empiris dan mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan sumber belajar terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa di sekolah menengah atas di Bekasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Sukatani-Bekasi. Total sampel penelitian ini adalah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 17 Juli - 02 Desember 2017. Teknik pengumpulan data untuk metode pembelajaran dan sumber belajar menggunakan kuesioner, sedangkan untuk keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan tes. Hasil penelitian mengidentifikasi ada pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran dan sumber belajar terhadap keterampilan berbicara siswa. Dengan demikian, pihak sekolah beserta pemerintah harus semakin bekerja keras lagi dalam pemenuhan kelengkapan sumber belajar dan metode pembelajaran yang tepat demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Kata-kata kunci: metode pembelajaran, sumber belajar, keterampilan berbicara bahasa Inggris

Speaking skill is affected by two factors, the internal and external factors. The two external factors are instructional methods and learning resources. The complete and incomplete learning resource will surely affect the instructional process. As well as with instructional methods, it will affect the achievement of learning objectives. This research is aimed to get the empirical data and to find out the effect of instructional method and learning resources towards students' speaking skill at state senior high schools in Bekasi. The research was conducted at SMA Negeri 1 and SMA Negeri 2 Sukatani - Bekasi. The total sample of this research is 40 students. The experiment was done from 17 Juli - 02 December in 2017. The technique of collecting data of instructional method and learning resources used questionnaires. Otherwise, the speaking skill was acquired from the test. The result of the research identifies there is the significant effect of instructional method and learning resources towards students speaking skill. Thus, the schools and the government should increasingly work hard in fulfillment of the completeness of learning resources and using an appropriate instructional method for the achievement of learning objectives.
Keywords: instructional method, learning resources, speaking skill


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
PERSPEKTIF ILMU PENDIDIKAN
No. Panggil
Rak Pendidikan Perspektif/Vol.30-32/2016-2018
Penerbit Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Hal. 137-141
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
14115255
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol. 32 (2) 2018
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this