No image available for this title

Text

Keefektifan Bimbingan Kelompok Cognitive Behavior dalam Mereduksi Pola Pikir Negatif Siswa SMK = The Effectiveness of Cognitive Behavior Group Guidance in Reducing Negative Mindset of Vocational School Students



Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok cognitive behavior dalam ereduksi pola pikir negatif siswa SMK. Penelitian dilaksanakan mulai dari bulan Februari sampai Jengan Juli 2018, yang bertempat di SMK Kepuhdoko Tembelang Jombang. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan desain One Grup Pretest and Posttest Design. Data dianalisis dengan uji test Paired Sample Test, diperoleh hasil t... adalah 6.500 dan angka probabilitas (Sig. (2-tailed) adalah 0.001 dengan df = 5. Selanjutnya hasil tersebut dibandingkan dengan ta pada taraf signifikan 5% uji pihak dengan df = 5, sehingga diketahui tabel adalah 2.571 atau 6.500 > 2.571. Nilai probabilitas yang diperoleh adalah 0.001 > 0,005 maka dapat disimpulkan bimbingan kelompok cognitive behavior efektif mereduksi pola pikir negatif siswa SMK. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru Bimbingan dan Konseling untuk menerapkan bimbingan kelompok cognitive behavior sebagai salah satu alternatif bantuan dalam mereduksi pola pikir negatif siswa SMA. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk dijadikan rujukan yang berhubungan dengan bimbingan kelompok cognitive behavior, dan peneliti selanjutnya bisa menggunakan desain penelitian lain selain one group pretest and posttest design, misalnya desain time series dan single subject design.
Kata-kata kunci: bimbingan kelompok cognitive behavior, pola pikir negatif, siswa SMK

This study aims to examine the effectiveness of cognitive behavior group guidance in reducing the negative mindset of vocational students. The study was carried out starting from February to July 2018, which took place at the SMK Kepuhdoko Tembelang Jombang. This study used an experimental design with the design of the Pretest and Posttest Design Group. Data were analyzed by Paired Sample Test t-test, obtained the result of t was 6,500 and probability number (Sig. (2-tailed) was 0.001 with df = 5. Then the results were compared with the table significant level of 5% test 2 parties with df = 5, so that the table is 2.571 or 6,500> 2,571. The probability value obtained is 0.001> 0.005, so it can be concluded that cognitive behavior group guidance is effective in reducing the negative mindset of vocational high-school students based on the results of the research recommended for teacher's guidance and counseling. Applying cognitive-behavioral group guidance as one of the alternative help in reducing the negative mindset of high-school students. Furthermore, researchers can use the results of this study to be used as a reference related to cognitive behavior group guidance, and further researchers can use research designs other than one group pretest and posttest design, for example time series design and n single-subject design.
Keywords: cognitive behavior group guidance, negative mindset, vocational high-school students


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
PERSPEKTIF ILMU PENDIDIKAN
No. Panggil
Rak Pendidikan Perspektif/Vol.30-32/2016-2018
Penerbit Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Hal. 143-152
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
14115255
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol. 32 (2) 2018
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this