Informasi Perpustakaan UNJ

Konsorsium e-Resources FPPTI DKI Jakarta

Daftar konsorsium e-Resource( e-journal)  FPPTI DKI Jakarta


Bidang : Ekonomi.

Product Code: PPSB

Product Title :  Small Business Collection

Type: New

User Limit: U

Expiry Date: 30 Apr 2019


To Access The Database(s)

The InfoTrac URL is:
The Password is:

https://infotrac.galegroup.com/itweb/fjktbus?db=PPSB
hubungi petugas perpustakaan


Bidang : Humaniora/ Sosial.

Product Code:  LT

Product Title: Legal Trac

Type: New

User Limit: U

Expiry Date : 30 Apr 2019


To Access The Database(s)

The InfoTrac URL is:
The Password is:

https://infotrac.galegroup.com/itweb/fjktlaw?db=LT
hubungi petugas perpustakaan


 

 

Bidang : Tehnik.

Product Code : PPGS

Product Title : General Science Collection

Type: New

User Limit: U

Expiry Date: 30 Apr 2019

To Access The Database(s)

The InfoTrac URL is:
The Password is:

https://infotrac.galegroup.com/itweb/fjktsci?db=PPGS
hubungi petugas perpustakaan




Sosialisasi Springer Nature di Perpustakaan UNJ

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat telah membawa perubahan terhadap perpustakaan dalam penyediaan layanan informasi. Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terus berusaha untuk mengikuti perkembangan teknogi informasi yang ada, beberapa usaha yang dilakukan diantaranya adalah dengan melakukan pengadaan jurnal elektronik (e-journal) dan pengenalan e-journal kepada sivitas akademik yang ada di UNJ. Keberadaan layanan e-journal di perguruan tinggi sangat membantu sivitas akademik dalam menunjang aktivitas akademiknya. e-journal dengan segala kecepatan dan kelebihannya memungkinkan terjadi dialektika suatu ilmu pengetahuan yang cepat pula sehingga diharapkan pemutakhiran suatu ilmu pengetahuan semakin intensif.

Pada tanggal 24 Oktober 2017 bertempat di ruang internet lantai 4, UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan acara sosialisasi e-journal Springer Nature. Sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, dosen maupun pustakawan di lingkungan UNJ. acara dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dimulai pukul 9.30, sesi kedua dimulai pukul 13.00. Acara dibuka oleh Rita Jenny Lysanti selaku kepala UPT Perpustakaan UNJ, beliau mengatakan bahwa e-journal yang dilanggan UNJ harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh sivitas akademika, sayang sekali kalau e journal yang berbayar mahal ini sia-sia saja keberadaannya. Pelaksanaan Sosialisasi dan Pelatihan ini mengundang narasumber Nelly Arifyani perwakilan dari Springer. Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara sosialisasi tersebut. Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini dapat mendorong para sivitas akademika UNJ untuk memanfaatkan fasilitas referensi tersebut secara optimal serta dapat memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademika UNJ.

UNJ telah melanggan akses e-journal terbitan Springer pada tahun 2017 ini. Bagi para civitas akademika UNJ untuk dapat mengakses Springer atau ingin mengetahui lebih jauh tentang koleksi e-resource apa saja yang telah dilanggan oleh UPT Perpustakaan UNJ dapat dilihat di website Perpustakaan UNJ (SYA)


Sosialisasi EBSCO dan Seminar How to publish in International Journal oleh UPT Perpustakaan UNJ disambut antusias peserta

Jakarta, 12 Oktober 2017 Bertempat di Ruang internet lantai 4 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan acara sosialisasi jurnal elektronik EBSCO dan seminar yang bertema “How to Publish in International Journal”, Acara ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan dan koleksi digital UPT Perpustakaan UNJ.

Sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, dosen maupun pustakawan di lingkungan UNJ. acara dibagi menjadi 2 sesi, sesi yang pertama diawali dengan sosialisasi jurnal elektronik EBSCO Hadir dari perwakilan EBSCO sebagai narasumber adalah Miyoto dan Erik Junikon dari Agung Seto sebagai distributor tunggal EBSCO Host Indonesia. Dalam pemaparannya tersebut dibahas mengenai cara penelusuran elektronik jurnal pada Database EBSCO. Selain pemaparan makalah juga disampaikan simulasi penelusuran artikel pada Database EBSCO. UPT Perpustakaan UNJ sendiri telah melanggan ejournal EBSCO dengan beberapa subjek pendidikan, keolahragaan, teknik, computer dan terapannya.

Di sesi yang ke 2, dilaksanakan seminar dengan tema How to Publish in International Journal, hadir sebagai pembicara Mr. Joe NG beliau merupakan editor di Cambridge University Press, dalam pemaparannya beliau memberikan beberapa tips kepada penulis yang ingin tulisannya dimuat kedalam jurnal internasioal.
Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara sosialisasi tersebut, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber, tentang bagaimana untuk dapat menerbitkan jurnal, serta bagaimana mengatur strategi penelusuran agar didapatkan hasil yang tepat. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini akan mendorong para civitas akademika UNJ untuk memanfaatkan fasilitas referensi tersebut secara optimal dalam melakukan penelitian dan dapat membuat tulisan ilmiah yang bermutu sehingga dapat dimuat dalam jurnal internasional. (SYA)