Berita Perpustakaan UNJ

Layanan Bebas Pustaka Online

                      

Berdasarkan Surat Edaran Rektor Nomor 7/UN39/SE12020 tentang Upaya Peningkatan Kewaspadaan dan Pencegahan terhadap Penyebaran COVID-I9 di lingkungan Universitas Negeri Jakarta, maka selama periode tersebut Layanan Bebas Pustaka dilakukan melalui daring tanpa datang ke perpustakaan. Khusus untuk mahasiswa yang masih memiliki pinjaman buku terdapat ketentuan khusus untuk prosedur Layanan Bebas Pustaka.

httplocalhostberandauploadspostimage2020041478412jpg

Berikut tata cara layanan bebas pustaka online :

 1.     PENGISIAN FORMULIR

Mahasiswa mengisi formulir Pengajuan Bebas Pustaka melalui link https://bit.ly/bebaspustakaunj

 

2.     PENGEMBALIAN PINJAMAN BUKU (JIKA ADA)

·       Jika ada pinjaman buku, petugas akan memberitahukan kepada mahasiswa melalui

        aplikasi whatsapp (WhatsApp chat Only).

·       Mahasiswa wajib mengembalikan seluruh buku  yang dipinjam melalui jasa ekspedisi.

·       Mahasiswa mengirim resi pengiriman buku  kepada petugas (WhatsApp chat Only).

·       Petugas mengecek buku yang telah dikembalikan.

 

3.     MENYELESAIKAN SANKSI KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN PINJAMAN BUKU (JIKA ADA)

·       Mahasiswa membayar sanksi denda keterlambatan  pengembalian buku.

·       Mahasiswa mengirim bukti pembayaran denda ke petugas (WhatsApp Only).

 

4.     MENGGANTI BUKU HILANG (JIKA ADA)

·     Mahasiswa mengganti buku yang dihilangkan/rusak sesuai ketentuan, mahasiswa dapat menghubungi

      langsung petugas (WhatsApp Only).

 

5.     SUMBANGAN BUKU

Mahasiswa melakukan sumbangan buku berupa uang pengganti sumbangan buku sebesar:

 -     Rp 50.000,00 (Diploma/Sarjana)

 -      Rp 150.000,00 (Magister/Doktor)

 

6.     SURAT BEBAS PUSTAKA

·       Petugas akan mengirim Surat Bebas Pustaka kepada mahasiswa melalui email.

·       Mahasiswa mencetak Surat Bebas Pustaka.

 

  Waktu layanan       : 08.00 s.d. 16.00 WIB

 


Alur dan Ketentuan Unggah Mandiri

Tahap Persiapan  dan ketentuan unggah mandiri

-   Mahasiswa yang diperbolehkan Unggah Mandiri hanya mahasiswa UNJ yang telah lulus sidang dan

 telah mendapat persetujuan dari dosen pembimbing dan penguji

-   Isi dokumen digital harus sama dengan dokumen tercetak yang telah disetujui oleh pembimbing dan

 penguji

-   Memiliki Akun Repository (Bagi mahasiswa yang belum memiliki akun dapat mendaftar disini)

-   Format dokumen dalam bentuk PDF tanpa enkripsi (tidak diberi security password).

-   Mahasiswa Wajib mengisi dan melampirkan Surat Persetujuan Publikasi dari UPT Perpustakaan yang

 telah di tanda tangani (surat persetujuan publikasi dapat di download disini)

-   Halaman yang bertanda tangan yaitu Lembar Orisinalitas, Lembar Pengesahan dan Surat Pernyataan

 Persetujuan Publikasi harus dipindai (scanning) satu halaman utuh dengan format PDF

 BUKAN JPG/FOTO dan berkualitas baik (halaman tidak gelap dan jelas)


Tahap Mengunggah Tugas Akhir

Mahasiswa dapat mengunggah Tugas Akhir di Repository Universitas Negeri Jakarta dengan alamat http://repository.unj.ac.id/ . Untuk panduan lengkap mengenai cara pengisian unggah mandiri silahkan unduh (file pedoman unggah mandiri)


Isi dokumen yang di unggah dan Format Penamaan File Tugas Akhir 


Mohon dibaca dan dipenuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh upt perpustakaan sebelum anda melakukan unggah dokumen. File yang tidak sesuai dengan ketentuan di atas, wajib diunggah ulang sampai seluruh ketentuan tersebut dipenuhi.

Apabila masih ada pertanyaan mengenai proses unggah mandiri anda dapat mengirimkan email ke otomasiperpus@unj.ac.id











Sosialisasi Springer Nature di Perpustakaan UNJ

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat telah membawa perubahan terhadap perpustakaan dalam penyediaan layanan informasi. Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terus berusaha untuk mengikuti perkembangan teknogi informasi yang ada, beberapa usaha yang dilakukan diantaranya adalah dengan melakukan pengadaan jurnal elektronik (e-journal) dan pengenalan e-journal kepada sivitas akademik yang ada di UNJ. Keberadaan layanan e-journal di perguruan tinggi sangat membantu sivitas akademik dalam menunjang aktivitas akademiknya. e-journal dengan segala kecepatan dan kelebihannya memungkinkan terjadi dialektika suatu ilmu pengetahuan yang cepat pula sehingga diharapkan pemutakhiran suatu ilmu pengetahuan semakin intensif.

Pada tanggal 24 Oktober 2017 bertempat di ruang internet lantai 4, UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan acara sosialisasi e-journal Springer Nature. Sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, dosen maupun pustakawan di lingkungan UNJ. acara dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dimulai pukul 9.30, sesi kedua dimulai pukul 13.00. Acara dibuka oleh Rita Jenny Lysanti selaku kepala UPT Perpustakaan UNJ, beliau mengatakan bahwa e-journal yang dilanggan UNJ harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh sivitas akademika, sayang sekali kalau e journal yang berbayar mahal ini sia-sia saja keberadaannya. Pelaksanaan Sosialisasi dan Pelatihan ini mengundang narasumber Nelly Arifyani perwakilan dari Springer. Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara sosialisasi tersebut. Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini dapat mendorong para sivitas akademika UNJ untuk memanfaatkan fasilitas referensi tersebut secara optimal serta dapat memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademika UNJ.

UNJ telah melanggan akses e-journal terbitan Springer pada tahun 2017 ini. Bagi para civitas akademika UNJ untuk dapat mengakses Springer atau ingin mengetahui lebih jauh tentang koleksi e-resource apa saja yang telah dilanggan oleh UPT Perpustakaan UNJ dapat dilihat di website Perpustakaan UNJ (SYA)


Sosialisasi EBSCO dan Seminar How to publish in International Journal oleh UPT Perpustakaan UNJ disambut antusias peserta

Jakarta, 12 Oktober 2017 Bertempat di Ruang internet lantai 4 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan acara sosialisasi jurnal elektronik EBSCO dan seminar yang bertema “How to Publish in International Journal”, Acara ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan dan koleksi digital UPT Perpustakaan UNJ.

Sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, dosen maupun pustakawan di lingkungan UNJ. acara dibagi menjadi 2 sesi, sesi yang pertama diawali dengan sosialisasi jurnal elektronik EBSCO Hadir dari perwakilan EBSCO sebagai narasumber adalah Miyoto dan Erik Junikon dari Agung Seto sebagai distributor tunggal EBSCO Host Indonesia. Dalam pemaparannya tersebut dibahas mengenai cara penelusuran elektronik jurnal pada Database EBSCO. Selain pemaparan makalah juga disampaikan simulasi penelusuran artikel pada Database EBSCO. UPT Perpustakaan UNJ sendiri telah melanggan ejournal EBSCO dengan beberapa subjek pendidikan, keolahragaan, teknik, computer dan terapannya.

Di sesi yang ke 2, dilaksanakan seminar dengan tema How to Publish in International Journal, hadir sebagai pembicara Mr. Joe NG beliau merupakan editor di Cambridge University Press, dalam pemaparannya beliau memberikan beberapa tips kepada penulis yang ingin tulisannya dimuat kedalam jurnal internasioal.
Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara sosialisasi tersebut, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber, tentang bagaimana untuk dapat menerbitkan jurnal, serta bagaimana mengatur strategi penelusuran agar didapatkan hasil yang tepat. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini akan mendorong para civitas akademika UNJ untuk memanfaatkan fasilitas referensi tersebut secara optimal dalam melakukan penelitian dan dapat membuat tulisan ilmiah yang bermutu sehingga dapat dimuat dalam jurnal internasional. (SYA)