UPT Perpustakaan Melaksanakan Kegiatan Stock Opname Untuk Koleksi Tugas Akhir (Skripsi, Tesis dan Disertasi)

Oleh OTOMASI PERPUS 2017-10-17 11:51:43

Jakarta - UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta selaku unit pengelola perpustakaan pusat di Universitas Negeri Jakarta, saat ini sedang melakukan kegiatan Stock Opname untuk koleksi tugas akhir. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 21 Pebruari hingga 21 April 2019. Selama kegiatan stock opname, pelayanan tugas akhir sebagian koleksi  ditutup.

Kegiatan stock opname perlu dilakukan untuk meng-crosscheck koleksi fisik tugas akhir dengan data di database tugas akhir yang terdapat di server UPT Perpustakaan UNJ. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 40.000 koleksi fisik tugas akhir yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan UNJ. Setelah stock opname dilakukan diharapkan data yang ada di database sesuai dengan koleksi yang ada.

Idealnya, kegiatan stock opname dilakukan setiap tahun untuk semua koleksi yang terdapat di perpustakaan baik koleksi buku, tugas akhir maupun jurnal. Hal itu perlu dilakukan agar data yang ada selalu akurat dan sesuai dengan kondisi aslinya. Ke depannya khusus untuk koleksi tugas akhir, koleksi fisik yang disimpan adalah tugas akhir dengan jangka waktu maksimal 15 tahun terakhir. Kebijakan ini diambil karena keterbatasan ruang yang ada di UPT Perpustakaan UNJ serta akan dikembangkannya sistem repositori tugas akhir. Repositori tugas akhir ini nantinya dapat diakses online oleh akun terdaftar. (kin/otomasi)