Sosialisasi EBSCO dan Seminar How to publish in International Journal oleh UPT Perpustakaan UNJ disambut antusias peserta

Oleh OTOMASI PERPUS 2017-11-03 14:32:52

Jakarta, 12 Oktober 2017 Bertempat di Ruang internet lantai 4 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan acara sosialisasi jurnal elektronik EBSCO dan seminar yang bertema “How to Publish in International Journal”, Acara ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan dan koleksi digital UPT Perpustakaan UNJ.

Sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, dosen maupun pustakawan di lingkungan UNJ. acara dibagi menjadi 2 sesi, sesi yang pertama diawali dengan sosialisasi jurnal elektronik EBSCO Hadir dari perwakilan EBSCO sebagai narasumber adalah Miyoto dan Erik Junikon dari Agung Seto sebagai distributor tunggal EBSCO Host Indonesia. Dalam pemaparannya tersebut dibahas mengenai cara penelusuran elektronik jurnal pada Database EBSCO. Selain pemaparan makalah juga disampaikan simulasi penelusuran artikel pada Database EBSCO. UPT Perpustakaan UNJ sendiri telah melanggan ejournal EBSCO dengan beberapa subjek pendidikan, keolahragaan, teknik, computer dan terapannya.

Di sesi yang ke 2, dilaksanakan seminar dengan tema How to Publish in International Journal, hadir sebagai pembicara Mr. Joe NG beliau merupakan editor di Cambridge University Press, dalam pemaparannya beliau memberikan beberapa tips kepada penulis yang ingin tulisannya dimuat kedalam jurnal internasioal.
Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara sosialisasi tersebut, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber, tentang bagaimana untuk dapat menerbitkan jurnal, serta bagaimana mengatur strategi penelusuran agar didapatkan hasil yang tepat. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini akan mendorong para civitas akademika UNJ untuk memanfaatkan fasilitas referensi tersebut secara optimal dalam melakukan penelitian dan dapat membuat tulisan ilmiah yang bermutu sehingga dapat dimuat dalam jurnal internasional. (SYA)