Skip to content Skip to footer

Profil

  • Profil Singkat Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta

Sejarah Perpustakaan berawal dari perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Indonesia (FKIP UI).

Pada tanggal 16 Mei 1964 FKIP berubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta. Tahun 1970 sesuai SK Rektor IKIP Jakarta No. 084, Perpustakaan IKIP Jakarta menjadi Perpustakaan pusat yang bertugas mengkoordinir dan mengawasi perpustakaan yang berada di fakultas dan Sekolah Laboratorium Kependidikan.

Pada Tahun 1999 sesuai Keppres RI No. 93/1999, IKIP Jakarta berubah status menjadi Universitas Negeri Jakarta, sehingga Perpustakaan IKIP Jakarta pun berubah menjadi UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta.

Berdasarkan Peraturan Mentri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia tanggal 3 Agustus Tahun 2016 Nomor 44 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Jakarta, UPT Perpustakaan merupakan unit pelaksana teknis di bidang Perpustakaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Rektor dan dikoordinasikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik.

 

  • Visi Misi

Visi

Menjadikan Perpustakaan UNJ yang tanggap terhadap sumber informasi pemustaka, baik secara internal maupun eksternal sesuai dengan era globalisasi.

Misi

  1. Menunjang Pelaksanaan Pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan akademik dan professional.
  2. Meningkatkan kinerja perpustakaan sesuai dengan tuntutan masyarakat akademik dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  3. Meningkatkan mutu layanan informasi untuk penelitian dan pendidikan.