Text
Sistem pemikiran manajemen pendidikan : alternatif memecahkan masalah pendidikan
Bibliografi : hlm. 279-299
ABSTRAK
Manajemen sebagai ilmu pengetahuan mengalami pembaharuan yang signifikan dalam mengembangkan sumber daya manusia dan pelaksanaan asas-asas pengelolaan organisasi yang efektif. Prosese pembaharuan konsep dan sistem manajemen merupakan pendorong terciptanya mekanisme kerja yang profesional. Semua bentuk organisasi membutuhkan manajemen yang berorientasi pada keberhasilan dan kemajuan organisasi. Sementara itu, kekuatan utama manajemen pendidikan terletak pada faktor manusia sebagai sumber daya yang mengelola dan melaksanakan perencanaan organisasi pendidikan.
Manajemen pendidikan menjadi dasar sistem pengelolaan pendidikan yang berfungsi sebagai pedoman bagi usaha perbaikan, peningkatan kemajuan, dan dasar yang kukuh bagi tegaknya sistem pendidikan. Dengan demikian, pemikiran manajemen pendidikan menyumbangkan analisisnya pada pendidikan tentang hakikat masalah yang nyata dan rasional, serta mengandung nilai-nilai dasar yang dijadikan landasan atau petunjuk dalam proses kependidikan.
Manajemen pendidikan memiliki peranan yang sangat vital dalam perwujudan tujuan suatu pendidikan, baik dalam lingkup satuan terkecil seperti persekolahan maupun cakupan nasional. Sistem pendidikan melibatkan berbagai komponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola secara baik dan tertib.
Sekolah tanpa didukung proses manajemen yang baik, mungkin hanya akan menghasilkan kekacauan lajunya organisasi, yang tidak mampu mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, suatu pengelolaan pendidikan sangat diperlukan, mengingat fungsi-fungsinya mencakup sebagai berikut : 1). Perencanaan, 2). Pengorganisasian, 3). Pelaksanaan, 4). Pengawasan.
Kebijakan pendidikan dibuat dan diimplementasikan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh rakyat. Oleh karena itu, pelaksanaannya memerlukan dukungan dan partisipasi rakyat. Peran serta masyarakat/partisipasi masyarakat dalam pendidikan meliputi peran serta perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, pengusaha, dan organisasi kemasyarakatan dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pelayanan pendidikan. Selain itu, masyarakat dapat berperan serta sebagai sumber, pelaksana, dan pengguna hasil.
0000164768 | 371.2 Uwe s | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000163090 | 371.2 Uwe s | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000163055 | 371.2 Uwe s | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000163054 | 371.2 Uwe s | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000163328 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
0000163329 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
0000165172 | 371.2 Uwe s | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000165153 | 371.2 Uwe s | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
0000164423 | 371.2 Uwe s | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain