Text
Strategi mengelola pembelajaran bermutu
Daftar isi
Bab 1. Pendahuluan
Bab 2. Strategi mengelola pembelajaran
Bab 3. Konsep pembelajaran bermutu
Bab 4. Profesionalisme guru
Bab 5. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran
Bab 6. Efektivitas penilaian dalam pembelajaran
Bab 7. Menyiapkan administrasi pembelajaran; merencanakan pembelajaran bermutu
Bab 8. Implementasi rencana pembelajaran; melaksanakan pembelajaran bermutu
Bab 9. Evaluasi dan refleksi pembelajaran serta program tindak lanjut
Bab 10. Kegiatan peningkatan pembelajaran bermutu
Ulasan (abstrak)
Pendidikan sebagai suatu usaha mempersiapkan generasi yang lebih baik dan berperan strategis dalam meningkatkan kualitas kehidupan beragama, bernegara, dan berbangsa. Peranan pendidikan yang cukup berat tersebut berimplikasi pada tuntutan pendidikan yang semakin diharapkan bermutu serta dituntut untuk membentuk karakteristik bangsa yang intelek, maju dalam segala bidang, membentuk perilaku, etika, dan moral yang baik sehingga dapat menjadi bekal dalam menghadapi era globalisasi yang kompetitif.
Agar pembelajaran menjadi pembelajaran bermutu sesuai dengan cirinya, maka pendidik harus terampil berbagai metode, media, sumber belajar dan penciptaan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Pembelajaran bermutu merupakan kesatuan utuh dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, evaluasi serta refleksi pembelajaran yang bermutu. Sajian buku ini dimulai dengan konsep strategi mengelola pembelajaran dan pembelajaran bermutu. Kemudian dilanjutkan dengan kajian praktis terutama tentag pendekatan saintifik dan penilaian autentik sampai contoh membuat perencanaan pembelajaran (RPP), dan penjelasan pelaksanaannya.
Bab kedua membahas strategi mengelola pembelajaran. Strategi mengelola pembelajaran adalah rencana, pola, dan tindakan seorang guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih terarah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Keterarahan pembelajaran mengakibatkan keberhasilan pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran dibuktikan dengan penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang dituntut sesuai dengan tujuan pembelajaran. Bab ketiga membahas tentang konsep pembelajaran bermutu. Pembelajaran bermutu adalah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, islami, menggembirakan, rasional dan berbobot, mencerdaskan dan berkarakter, berorientasi pada long life education, membiasakan peserta didik berpikir dan menciptakan kesan.
Bab ke-empat membahas tentang profesionalisme guru. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Implementasi kebijakan profrsionalisme guru sampai kepada pemberian sertifikat sebagai pendidik profesional menjadi bukti bahwa perhatian pemerintah terhadap mutu pendidik sangat diperhatikan. Bab kelima berisi tentang pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran dapat diartikan cara pembelajaran yang didasarkan proses ilmiah dengan melaksanakan langkah-langkah yang logis (sesuai dengan akal) dan empiris (diperoleh oleh indra).
Efektivitas penilaian dalam pembelajaran dibahas dalam bab ke-enam. Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Kurikulum 2013 mengharuskan penilaian pembelajaran hasil belajar tidak hanya terhadap pengetahuan, tetapi juga pada ranah sikap dan keterampilan. Bab berikutnya membahas tentang menyiapkan administrasi pembelajaran, merencanakan pembelajaran bermutu. Perencanaan adalah hal yang penting, tahapannya mulai dari memahami regulasi, menelaah kalender pendidikan, analisis alokasi waktu sampai dengan penyusunan RPP.
Bab ke-delapan membahas tentang implementasi atau pelaksanaan rencana pembelajaran, dilanjutkan dengan evaluasi dan kegiatan peningkatan pembelajaran bermutu dalam bab-bab berikutnya. Pembelajaran bermutu melalui proses yang panjang, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Ciri utama pembelajaran bermutu adalah dapat mencapai tujuan pembelajaran, berpusat pada aktivitas peserta didik, menggunakan berbagai metode dan media, memanfaatkan berbagai sumber belajar, pembelajarannya bermanfaat, dan proses pembelajarannya berkesan dan menyenangkan.
0000163756 | 370 MUJ s | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain