Text
Apa itu homeschooling : 35 gagasan pendidikan berbasis keluarga
Daftar isi :
1. Titik nol
2. Kita adalah tuan untuk nasib kita sendiri
3. Melihat dengan cara berbeda
4. Individu dan keluarga pembelajar
5. Merefleksikan esensi pendidikan
6. Orang tua adalah guru pertama dan utama
7. Banyak bintang di langit
8. Mengustomisasi pendidikan
9. Fleksibilitas biaya pendidikan
10. Menjadi perintis itu tidak mudah
11. Sosialisasi anak homeschooling
Fondasi dan arah homeschooling
12. Memulai dari akhir
13. Pekerjaan-pekerjaan baru
14. Anak bukan kertas kosong
15. Pendidikan adalah proses mengeluarkan
16. Mempersiapkan pembelajar mandiri
17. Pendidikan karakter
18. Menyiapkan keterampilan hidup
Metode & materi
19. Fokus pendidikan bukan mengajar
20. Belajar dengan modular
21. Kata kunci homeschooling adalah boleh
22. Ruang kelas tanpa batas
23. Ada delapan gaya belajar yang berbeda
24. Mendidik adalah memimpin
25. Membaca, menulis, berhitung
26. Magang dan mentoring
Penitian perjalanan
27. Pendidikan adalah perjalanan
28. Belajar dari kelahiran kupu-kupu
29. Menghidupi keseharian
30. Mendidik dengan bertanya
31. Menekuni minat, mengembangkan hobi
32. Pengalaman mengkristalkan dan melumpuhkan
33. Kegiatan kecil pun berbuah
Evaluasi
34. Evaluasi dengan cara praktis
35. Portofolio karya
Abstrak
Homeschooling adalah model pendidikan saat keluarga memilih menyelenggarakan sendiri dan bertanggung jawab atas pendidikan anak-anaknya. Dalam praktik homeschooling, pijakan yang harus diingat adalah asumsi keberdaulatan keluarga untuk mengejar kebahagiaan dan keberhasilan dalam pendidikan. Sekolah adalah pendidikan, namun pendidikan bukan hanya sekolah. Sistem pendidikan di Indonesia mengatur bahwa ada tiga jalur pendidikan, yaitu pendidikan formal (sekolah), pendidikan non-formal, pendidikan informal. Homeschooling adalah pendidikan berbasis keluarga termasuk dalam jalur pendidikan informal.
Spirit dasar dalam proses pendidikan homeschooling adalah mendidik anak-anak dan keluarga menjadi pembelajar sejati. Spirit dasarnya adalah belajar apa saja (yang diminati), belajar di mana saja (yang disukai), belajar dengan cara apa saja (yang sesuai), belajar kapan saja (diinginkan), belajar dari siapa saja, dengan prinsip dasar bahwa belajar adalah hak, bukan kewajiban, dan belajar itu menyenangkan, bukan membebankan. Dalam homeschooling, proses refleksi yang dilakukan orang tua ditunjukkan melalui keterlibatan yang lebih mendalam pada proses pendidikan anak. Sejak dulu kala hingga kini orang tua adalah guru pertama dan guru utama bagi anak.
Kekhasan dan kekuatan homeschooling paling besar adalah customized education; pendidikan yang disesuaikan dengan potensi anak dan lingkungan yang ada di sekitar. Hubungan anak-anak dan keluarga homeschooling adalah mencari dan berbagi inspirasi. Kustomisasi pendidikan berarti menyesuaikan proses pendidikan dengan anak, bukan anak yang dipaksa menyesuaikan diri dengan semua standar dan metode pendidikan yang ada. Homeschooling memberikan kesempatan bagi keluarga untuk lebih fleksibel dalam membiayai pendidikan anak-anaknya.
Makna sosialisasi yang utama adalah penanaman nilai (values), membangun keterampilan sosial seperti berkomunikasi, mengenal aturan, berbagi, berempati, dan lainnya. Sosialisasi memiliki dua bentuk, yaitu sosialisasi vertikal (lintas-umur) dan sosialisasi horizontal (teman sebaya), sosiologi homeschooling termasuk bentuk yang pertama. Tujuan dan arah proses homeschooling yang dijalani berorientasi pada profesi non-gelar dan biasanya berbasis output karya/portofolio, misalnya: pebisnis, penulis, fotografer, artis, dan berbagai profesi mandiri lainnya.
Homeschooling sebagai model pendidikan alternatif, memberikan kesempatan untuk memilih membesarkan anak dengan filosofi pendidikan: mengeluarkan potensi dan menumbuhkan kebaikan-kebaikan internal yang ada pada anak. Ciri-ciri pembelajar mandiri adalah memiliki motif internal, berorientasi tujuan, terampil mencari bahan belajar, pandai mengelola diri (self management). Yang perlu dilakukan keluarga homeschooling untuk menyiapkan anak menjadi pembelajar mandiri adalah menyediakan lingkungan dan kultur yang kondusif, membangun kebiasaan hidup terencana, melatih keterampilan belajar. Tak ada tempat belajar dan bertumbuh karakter yang lebih baik selain di rumah. Oleh karena itu pendidikan karakter adalah pendidikan dari orang tua dan oleh orang tua.
Keterampilan hidup (life skills) adalah keterampilan yang berkaitan dengan diri sebagai bekal untuk menjalani hidup sehari-hari. Keterampilan hidup bersifat praktis. Beberapa keterampilan yang termasuk keterampilan hidup adalah keterampilan mengenai diri, keterampilan mengambil keputusan, dan keterampilan hidup bersama. Metode pembelajaran homeschooling adalah ceramah (5%), membaca (10%), audio visual (20%), demonstrasi (30%), diskusi kelompok (50%), praktik (75%), dan mengajar orang lain – mengaplikasikan pengetahuan (90%).
Belajar modular adalah proses belajar yang disusun berdasarkan mata pelajaran, bukan paket pelajaran. Anak belajar sesuai kecepatannya masing-masing untuk setiap mata pelajaran. Anak yang menyukai matematika terus menaiki jenjang pelajaran matematika tanpa harus terhambat pelajaran sastra yang menjadi kelemahannya. Dalam sistem belajar modular, pada satu waktu tertentu, anak bisa belajar di jenjang yang berbeda; misal kelas 6 untuk matematika, kelas 5 untuk bahasa Indonesia, dan kelas 7 untuk IPA. Keuntungan sistem belajar ini adalah anak bisa belajar sesuai kecepatannya untuk setiap mata pelajaran yang berbeda.
Sistem belajar modular bisa dijalankan dalam homeschooling karena kata kunci homeschooling adalah “boleh” bukan “harus”. Untuk ujian homeschooling dilaksanakan melalui ujian kesetaraan atau ujian paket, yaitu paket A untuk SD, paket B untuk SMP, dan paket C untuk SMA. Menekuni hobi dan minat dalam homeschooling adalah pelajaran dan proses belajar, bukan lagi disebut ekstra kurikuler (tambahan).
Ada delapan kecerdasan anak berdasarkan teori kecerdasan majemuk yang menjadi landasan dalam ragam gaya belajar, yaitu : anak cerdas bahasa (linguistik), anak cerdas matematis-logika, anak cerdas spasial (kesan dan gambar), anak cerdas kinestetis-jasmani, anak cerdas musikal, anak cerdas interpersonal, anak cerdas intrapersonal, dan anak cerdas naturalis. Proses mendidik anak adalah perihal kepemimpinan, bagaimana orang tua menjadi pemimpin bagi anak-anak.
Mata pelajaran induk adalah membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Memahami adalah bentuk generik belajar membaca, berkomunikasi adalah bentuk generik belajar menulis, dan berlogika adalah bentuk generik belajar berhitung. Proses belajar selanjutnya adalah magang dan mentoring. Yang dilakukan orang tua homeschooling dalam proses magang adalah menyiapkan sikap dan keterampilan profesional, berjejaring untuk membukakan peluang bagi anak, dan menjadikan proses magang sebagai hal yang menguntungkan. Metode komunikasi bertanya dapat melatih anak untuk berpikir kritis, berpendapat dan terbiasa mengungkapkan apa yang ada dalam dirinya.
Membangun kebiasaan kecil dan sederhana yang terus dijalani akan berbuah manis dalam jangka panjang, contohnya kebiasaan membaca satu buku sehari. Kunci kegiatan ini adalah konsistensi yang dibangun orang tua. Kegiatan dilakukan 15-20 menit. Selain membaca, kegiatan lain yang serupa adalah menulis, prakarya, bercocok tanam, dan lain-lain.
Evaluasi belajar homeschooling dilakukan dengan menggunakan soal ujian dan buku PR. Hasil ujian ini dijadikan bahan untuk membuat rapor anak. Selain rapor, alat dokumentasi dan evaluasi belajar anak adalah portofolio karya. Portofolio adalah dokumentasi yang menunjukkan catatan ketertarikan dan gairah (passion) seseorang, yang terwujudkan dalam bentuk aksi dan output.
Dalam penyelenggaraan homeschooling orang tua dapat memilih apakah akan menyelenggarakan sendiri atau menggunakan bantuan lembaga lain. Lembaga lain itu bisa berupa klub, bimbel, kursus, penyelenggara ujian, dan sebagainya. Pengertian umum komunitas homeschooling adalah kumpulan keluarga praktisi homeschooling yang berbagi sumber informasi dan melakukan kegiatan bersama.
0000164280 | 371.042 Sum a | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain