Text
Penerapan strategi pembelajaran bercerita dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 6-7 tahun (Studi deskriptif di SDI Al Azhar 8 Kembangan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bercerita dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 6-7 tahun yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Al Azhar 8 Kembangan Jakarta Barat. Fokus penelitian ini adalah menggambarkan program kegiatan (kurikulum) di Sekolah Dasar Islam Al Azhar 8 Kembangan, proses interaksi edukatif, penerapan metode bercerita yang meliputi tujuan, materi,metode, media dan bentuk evaluasi yang digunakan dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak di Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung pada Sekolah Dasar kelas 1B, wawancara terstruktur pada kepala sekolah, dan satu orang guru Sekolah Dasar, serta dilengkapi dengan dengan dokumentasi berupa foto-foto pada kegiatan penerapan metode bercerita. setelah mendapatkan data dalam bentuk hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan metode komparatif tetap berdasarkan teori-teori pendukung yang menjadi acuan analisis data.
Berdasarkan hasil penelitian, Sekolah Dasar Islam Al Azhar 8 Kembangan merupakan Sekolah Dasar Islam dibawah Yayasan Pesantren dan Departemen Pendidikan Republik Indonesia. Kurikulum yang digunakan berasal dari program Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengembangkan dimensi-dimensi perkembangan anak melalui mata pelajaran yang dijarkan Agama, Al Qur’an, Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Penjas, PKn, Bahasa Inggris,Seni Budaya dan Kesenian, Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta dan Bimbingan Konseling.
Proses interaksi edukatif yang dilaksanakan berlangsung selama lima hari dalam sepekan dengan lama kegiatan enam jam tiga puluh menit. Dalam proses ini anak mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir yang meliputi kegiatan ikrar dan berbaris, pembukaan, inti dan penutup. Penerapan metode bercerita yang dilaksanakan di Sekolah Dasar ini menggunakan materi dalam setiap mata pelajaran yang dijadualkan. Penerapan metode bercerita ini dilakukan dengan praktek langsung,bercerita, serta mengevaluasi penerapan metode bercerita dalam bentuk tertulis melalui lembar kerja dan performance test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program perencanaan penerapan metode bercerita dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak di sekolah dasar harus dibuat secara jelas, juga menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan di dalamnya terdapat beberapa metode lainnya separti metode bercakap-cakap, tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, bernyanyi dan karya wisata.
This study aims to describe the application of the method of storytelling in developing interpersonal intelligence of children aged 6-7 years conducted at Al Azhar Islamic Elementary School 8 Kembangan, West Jakarta. The focus of this research is to describe the program activities (curriculum) at Al Azhar 8 Islamic Elementary School in Kembangan, the educational interaction process, the application of storytelling methods that include the objectives, material, methods, media and forms of evaluation used in improving children's interpersonal intelligence in elementary schools.
This research uses a descriptive method. The data collection technique was carried out by direct observation at the Elementary School class 1B, structured interviews with the principal, and one Elementary School teacher, and was accompanied by documentation in the form of photographs in the activities of applying the story method. After obtaining data in the form of interviews, observations and documentation, the data collected and analyzed qualitatively using the comparative method remains based on supporting theories that are the basis of data analysis.
Based on the results of the study, Al Azhar 8 Islamic Elementary School Kembangan is an Islamic Elementary School under the Pesantren Foundation and the Ministry of Education of the Republic of Indonesia. The curriculum used is derived from the Education Unit Level Curriculum program that develops dimensions of child development through subjects taught by Religion, the Qur'an, Mathematics, Indonesian Language, Natural Sciences, Social Sciences, Physical Education, Civics, English, Cultural Arts and Arts, Jakarta Cultural Environment Education and Counseling Guidance.
The educational interaction process carried out lasts for five days in a week with six hours and thirty minutes of activity. In this process the child participates in activities from start to finish which include pledging and marching, opening, core and closing. The application of the storytelling method that is carried out in this elementary school uses the material in each subject that is scheduled. The application of the method of storytelling is done by direct practice, storytelling, and evaluating the application of the method of storytelling in written form through worksheets and performance tests.
The results showed that the planning program for the application of the method of storytelling in developing interpersonal intelligence of children in primary school must be made clearly, also providing various activities that can activate students in learning activities. Activities in it there are several other methods such as methods of conversation, question and answer, assignments, demonstrations, singing and field trips.
Bibliografi : lembar 58-59~No Inv.: 340/S/Perp/08/1c
SW00004346 | SW4346 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2008.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain