Text
Hubungan antara persepsi negara asal (country of origin perception)dengan keputusan pembelian pakaian jadi bermotif batik Indonesia pada komunitas remaja batik Indonesia
ABSTRAK
Hamzah Ali, Hubungan Antara Persepsi Negara Asal (Country of Origin Perception) dengan Keputusan Pembelian Pakaian Jadi Bermotif Batik Indonesia pada Komunitas Remaja Batik Indonesia, Skripsi. Jakarta: Program Studi Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Jakarta, Juni 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya tentang apakah ada hubungan antara Persepsi Negara Asal dengan Keputusan Pembelian pakaian jadi bermotif batik Indonesia pada Komunitas remaja Batik Indonesia.
Penelitian ini dilakukan pada Komunitas Remaja Batik Indonesia. Selama 5 bulan terhitung dari bula Februari sampai Juli 2011.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota aktif dengan kriteria
mengikuti acara-acara Komunitas Remaja Batik Indonesa selama sebulan terkahir yaitu sebanyak 95 orang. Sampel yang diambil sebanyak 48 orang anggota dari 58 populasi terjangkau, dan dilakukan dengan uji persyaratan analisis.
Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model
skala likert untuk Persepsi Negara Asal (Variabel X) dan Keputusan Pembelian (Variabel Y). Sebelumnya instrumen ini digunakan, dilakukan uji validitas konstruk terlebih dahulu, untuk kedua variabel. Untuk variabel X 39 butir
pertanyaan setelah divalidasi, terdapat 4 butir pertanyaan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 35 butir pertanyaan. Untuk variabel Y, dari 25 butir pertanyaan setelah divalidasi, terdapat 3 butir pertanyaan yang
drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 22 butir pertanyaan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel tersebut menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,941 dan hasil reliabilitas
variabel Y sebesar 0,850.
Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,110, sedangkan Ltabel untuk n = 48 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1278, karena Lhitung < Ltabel maka galat
taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 43,80 + 0,317X. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 11,78 > 4,05, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linieritas
regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 1,37 < 2,03, sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,452 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan
menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 3,43 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan dan dk=46 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,452 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh
sebesar 20,39%, yang menunjukkan bahwa 20,39% keputusan pembelian
ditentukan oleh persepsi Negara asal.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara persepsi negara asal dengan keputusan pembelian pakaian jadi bermotif batik Indonesia pada Komunitas Remaja batik Indonesia.
Bibliografi : lembar 88-93~No Inv.: 2862/S/Perp/11/1c
SW00012311 | SW 12311 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2011.002) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - PENYIANGAN SKRIPSI 2023 |
Tidak tersedia versi lain