Text
Hubungan antara polaaush orang tua dan kemandirian siswa dalam belajar pada siswa kelas X Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan 46 Jakarta Timur
ABSTRAK
SITTI SITTA SEPTIANEKE RACHMA. Hubungan Antara Pola Asuh Orang
Tua Dan Kemandirian Siswa Dalam Belajar Pada Siswa Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 46 Jakarta Timur. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi. Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dan kemandirian siswa dalam belajar pada siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 46 Jakarta Timur.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 46 Jakarta Timur selama 3 bulan terhitung bulan April 2011 s.d. Juni 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
jurusan akuntansi SMKN 46 Jakarta Timur. Sampel yang digunakan sebanyak 62 orang dengan menggunakan teknik acak proporsional.
Instrument kuesioner digunakan untuk memperoleh data variabel X (Pola Asuh Orang Tua) dan variabel Y (Kemandirian Siswa). Variabel X diukur menggunakan kuesioner model skala likert dan variabel Y diukur menggunakan kuesioner model
skala likert.
Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas konstruk (Construct Validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen variabel X
(Pola Asuh Orang Tua) sebesar 0,960 dan untuk variabel Y (Kemandirian Siswa) sebesar 0,960.
Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 53,09 + 0,45X. Hasil uji normalitas lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0793 sedangkan Ltabel untuk n = 62 pada taraf signifikansi 0,05 adalah
0,1100. Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal.
Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (28,97) > Ftabel (4,00) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,20) < Ftabel (1,84) sehingga disimpulkan bahwa persamaan
regresi tersebut linier.
Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy = 0,573. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung (5,42) > ttabel (1,67).
Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Siswa dalam Belajar Pada Siswa Kelas X Akuntansi di SMKN 46 Jakarta Timur. Dengan uji koefisien determinasi atau penentu
diperoleh hasil 32,83% variabel Kemandirian Siswa (Y) ditentukan oleh Pola Asuh orang Tua (X).
Bibliografi : lembar 76-77~No Inv.: 3062/S/Perp/11/1c
SW00012370 | SW 12370 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2011.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain