Text
Manajemen Pendidikan Islam pada rintisan Madrasah bertaraf Internasional (Studi kasus di RMBI Man 4 Pondok Pinang, Jakarta Selatan)
ABSTRAK
Lutfa Istiana, Manajemen Pendidikan Islam Pada Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional (Studi Kasus RMBI MAN 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan). Skripsi Jurusan Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2012.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan komponen manajemen pendidikan Islam yang diterapkan di RMBI MAN 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan dalam hal manajemen kurikulum, tenaga kependidikan, kesiswaan, sarana dan prasarana pendidikan, serta hubungan sekolah dan masyarakat yang ditinjau dari manajemen pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analisis melalui pengumpulan data studi pustaka dan studi lapangan (observasi,wawancara, dikumentasi). Sealin itu, penelitian ini juga menggunakan teori dari Henry Fayol mengenai unsur-unsur manajemen dan mengutip dari buku yang ditulis oleh Mochtar Effendi mengenai prinsip manajemen pendidikan IslamDengan menggunakan teori dan metode di atas, penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pelaksanaan manajemen kurikulum dan manajemen sarana prasarana serta manajemen hubungan masyarakat di madrasah ini menjalankan manajemen yang terbuka, namun dalam pelaksanaan manajemen tenaga kependidikannya, menjalankan manajemen yang sedikit tertutup. Ditinjau dari manajemen pendidikan Islam, pelaksanaan komponen-komponen manjemen pendidikan di madrasah ini memiliki heterogenitas, karena juga belum maksimal menerapkan prinsip-prinsip manajemen pendidikan Islam, seperti menegakan kebenaran, dan menegakan keadilan. Sedangkan prinsip amar ma’ruf nahi munkar dan prinsip menyampaikan amanh sudah diterapkan secara maksimal.
Bibliografi : lembar 66~No Inv.: 2071/S/Perp/12/1c
SW00016035 | SW 16035 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2012.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain