Text
Pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar geografi : studi eksperimen di SMA Negeri 44 Jakarta
ABSTRAK
Fashihatul Khoiriah. Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar
Terhadap Hasil Belajar Geografi (Studi Eksperimen di SMA Negeri 44
Jakarta). Skripsi Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri
Jakarta, Desember 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunan internet
sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 44 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2010. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel
adalah dengan menggunakan teknik Random Sampling, yang membagi sampel
menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan internet
sebagai sumber belajar dan kelas kontrol dengan tidak menggunakan sumber belajar
internet. Jadi total sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas.
Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 40 soal.
Dalam penelitian eksperimen ini sebelum pengujian hipotesis, dilakukan pengujian
normalitas data. Pengujian normalitas pada penelitian ini menggunakan rumus Chi-
Kuadrat. Hasil pengujian normalitas data kelas eksperimen pada saat pre-test
diperoleh X² hitung sebesar 2,49 sedangkan pada saat post-test diperoleh X² hitung
sebesar 5,8. Sedangkan untuk kelas kontrol pada saat pre-test diperoleh X² hitung
sebesar 8,33 dan post-test diperoleh X² hitung sebesar 4,25. Pada uji normalitas dengan
derajat kebebasan 5 maka X² tabel chi kuadrat adalah 11,070. Dengan demikian, dari
data kedua kelas tersebut telah menunjukkan bahwa X² hitung < X² tabel, artinya dari
data kedua variabel berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas
dengan uji barlett. Untuk data pre-test kedua kelas diperoleh X² hitung sebesar 0.828
dan untuk data post-test kedua kelas diperoleh X² hitung 1.564. Dari tabel ”harga kritik
Chi Kuadrat” dengan dk 1 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 3,841. Jadi X² hitung < X²
tabel maka data berdistribusi homogen.
Kemudian pengujian hipotesis pada penelitian menggunakan uji t. Hasil
pengujian hipotesis pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh t hitung = 3.796
dikonsultasikan dengan tabel t, dk = 72 harga t tabel adalah 1.993, t hitung (3.796) > t
tabel (1.993) . Maka Ha yang menyatakan terdapat pengaruh antara penggunaan
internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XI
IPS di SMA Negeri 44 Jakarta untuk materi Sumber Daya Alam diterima. Pengujian
hipotesis dilanjutkan dengan uji tukey. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Q hitung
sebesar 7,31 dan Q tabel sebesar 2,85. Maka Q hitung > Q tabel yang artinya Ha
diterima, berarti terdapat pengaruh signifikan antarapenggunaan internet sebagai
sumber belajar terhadap hasil belajar geografi.
Bibliografi : lembar 74-75~No Inv.: 3181/S/Perp/11/1c
SW00013529 | SW 13529 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2011.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain