Text
Komunikasi interpersonal sebagai upaya pembinaan akhlak (Studi kasus di Panti Asuhan Rumah Yatim Pondok Kelapa)
ABSTRAK
Adzni Fajrina, Komunikasi Interpersonal Sebagai Upaya Pembinaan Akhlak (Studi Kasus di Panti Asuhan Rumah Yatim Pondok Kelapa). Program Komunikasi Penyiaran Islam, Jurusan Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2012. Penelitian ini dilatarbelakangi peneliti ingin mempelajari komunikasi interpersonal sebagai upaya untuk membina akhlak anak-anak panti asuhan. Peneliti akan meneliti efektivitas komunikasi interpersonal, tipe komunikasi interpersonal, proses komunikasi interpersonal, yang dilakukan pengasuh terhadap anak asuhnya sebagai upaya pembinaan akhlak anak-anak panti asuhan. Peneliti menganggap bahwa komunikasi interpersonal dapat membina akhlak anak-anak asuh. Pembinaan akhlak merupakan awal dari proses pembangunan dan perkembangan generasi muda yang lebih baik serta memiliki komitmen yang kuat dalam membangun bangsa ini.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis komunikasi interpersonal sebagai upaya pembinaan akhlak yang terjadi antara pengasuh dan anak asuh di panti asuhan Rumah Yatim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analitis. Teori yang digunakan berasal dari buku Komunikasi Interpersonal oleh Suranto Aw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara pengasuh dan anak asuh panti asuhan Rumah Yatim sudah cukup efektif. Terlihat dari proses komunikasi interpersonal yang terjadi antara pengasuh dan anak asuh. Dalam proses komunikasi interpersonal, pengasuh menggunakan strategi pembiasaan dan keteladanan. Tipe komunikasi interpersonal yang digunakan adalah diadik atau komunikasi dua orang, wawancara atau dialog dan komunikasi kelompok kecil
Bibliografi : lembar 70~No Inv.: 2019/S/Perp/12/1c
SW00016041 | SW 16041 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2012.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain