Text
Peran guru pendidikan agama Islam dalam mengaktualisasikan nilai demokrasi pada siswa-siswi SMA (Studi kasus di Sekolah Menengah Atas Labschool Jakarta)
ABSTRAK
Muhamad Rizki Reza. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengaktualisasikan Nilai Demokrasi Pada Siswa-Siswi SMA. (Studi Kasus Di SMA Labschool Jakarta). Skripsi, Program Studi Ilmu Agama Islam, Jurusan Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris dan dapat dipercaya (valid) tentang Bentuk Aktualisasi Nilai Demokrasi di SMA Labschool Jakarta dan Peran Guru PAI dalam Mengaktualisasikan Nilai Demokrasi pada siswa-siswi SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang digunakan adalah riset lapangan (Field Research) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk nilai-nilai demokrasi yang ada di SMA Labschool Jakarta ialah keadilan, musyawarah, kerja sama, kebebasan, dan toleransi. Dan Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengaktualisasikan Nilai Demokrasi Pada Siswa-Siswi SMA memiliki beberapa variasi peran yang signifikan di dalam Mengaktualisasikan Nilai Demokrasi Pada Siswa-Siswi SMA, yaitu Guru PAI berperan sebagai Educator, Leader, Fasilitator, Motivator, dan Evaluator. Hal ini dapat dilihat ketika Guru PAI melakukan upaya Keteladanan, Pembiasaan, dan Implementasi Keterpaduan antara Lembaga Pendidikan (Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat) di dalam mengaktualisasikan nilai demokrasi pada siswa-siswi SMA Labschool Jakarta.
Bibliografi : lembar 66~No Inv.: 2020/S/Perp/12/1c
SW00015968 | SW 15968 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2012.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain