Text
Hubungan pemahaman materi politik dengan budaya demokrasi siswa di SMA Negeri 5 Depok
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang hubungan pemahaman materi politik dengan budaya demokrasi siswa pada kelas XI di SMAN 5 Depok. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2012. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sample yaitu teknik simple random sampling, jumlah sampel sebanyak 40 orang siswa. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini untuk variable X (Pemahaman Materi Politik) dengan test pilihan ganda, sedangkan untuk variable Y (Budaya Demokrasi) menggunakan angket skala perilaku. Hasil uji persyaratan analisis mencari persamaan regresi Ŷ = a + bX menunjukan persamaan, Ŷ = 43,64 + 1,580X, selanjutnya uji kenormalan menggunakan rumus lilliefors dan diperoleh Lhitung variable (X) adalah 0,124 dan Lhitung variable (Y) adalah 0,112. Ltabel yang diperoleh dengan n = 40 dan (=0,05) adalah 0,140 Karena Lhitung < Ltabel maka dapat dismpulkan bahwa data kedua variable berdistribusi normal. Penelitian selanjutnya melakukan uji hipotesis, untuk keberartian regresi di peroleh Fhitung sebesar 19,15 > Ftabel (0,05: 1/38)= 4,10, sehingga dapat disimpulkan bahwa arah regresi signifikan. Sedangkan uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung 1,70 < Ftabel (0,05:10/28)=2,19, sehingga dapat disimpulkan bahwa model regresi linier. Uji koefisien product moment menghasilkan rxy = 0,579, kemudian dilanjutkan dengan uji-t signifikansi koefisien korelasi dengan uji-t hasil yang diperoleh thitung sebesar 4,38, sedangkan ttabel dengan (=0,05) dk sebesar (n-2=38) ttabel sebesar 1,68. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa thitung 4,38 > ttabel 1,68. Untuk uji koefisien determinasi yaitu sebesar 0,3351. Ini menunjukan bahwa pemahaman materi politik dipengaruhi oleh budaya demokrasi siswa sebesar 33,51%. Maka dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pemahaman Materi Politik dengan Budaya demokrasi yaitu terima H satu dan tolak H nol. Penelitian ini membawa implikasi yaitu bahwa untuk meningkatkan Budaya Demokrasi terhadap siswa SMAN 5 DEPOK, dapat dilakukan dengan meningkatkan Pemahaman tentang Materi Politik.
Bibliografi : lembar 71~No Inv.: 2084/S/Perp/12/1c
SW00015828 | SW 15828 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2012.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain