Text
Pelaksanaan tatatertib di sekolah Yayasan Kartika Jaya (Studi kualitatif di SMA Kartika X-1 Jalan Raya Kodam Bintaro, Jakarta)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang pelaksanaan tatatertib di sekolah yayasan Kartika Jaya di SMA Kartika X-1, Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2012. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari observasi dan wawancara. 7 informan berasal dari peserta didik berjumlah, 2 informan guru, 2 Key informan yaitu Wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan,, dan Expert opinion Dr. Karnadi ,M. Pd.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada nilai-nilai militer yang masuk dalam pelaksanaan tatatertib di SMA Kartika X-1. Pelaksanaan tatatertib bermuatan militer ditunjukkan dengan aspek hukuman fisik kepada yang melanggar, penciptaan stabilitas lingkungan sekolah, perangkat sekolah yang dari kalangan militer, dan kepemimpinan yang keras dari kepala sekolah. Kelemahan dari pelaksanaan tatatertib di sekolah ini dipengaruhi oleh inkonsistensi penegakan tatatertib, sistem komando, lingkungan pergaulan peserta didik, dan latar belakang keluarga peserta didik, dan kurang diikutsertakan peserta didik dalam membuat peraturan. Pelaksanaan tatatertib di SMA Kartika X-1 menggunakan seluruh komponen rencana disiplin proaktif dari Geof Colvin yaitu pernyataan tujuan, perilaku yang diharapkan di sekolah, mengajarkan perilaku yang diharapkan, mempertahankan perilaku yang diharapkan, perbaikan perilaku bermasalah, menggunakan data dan mempertahankan rencana jangka panjang.Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tatatertib di SMA Kartika X-1 menggunakan beberapa nilai militer dilihat dari perangkat militer yang ada dalam struktur sekolah dan hukuman kepada peserta didik. Namun apabila ditinjau dari sisi akademis, model pendidikan dengan pendekatan militeristis tersebut
Bibliografi : lembar 95~No Inv.: 2101/S/Perp/12/1c
SW00015964 | SW 15964 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2012.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain