Text
Survey kebutuhan peran konselor dalam pendidikan pra-sekolah di Tumble Tots Bintaro Jaya, Jakarta Selatan
ABSTRAK
Indah larassakti. Survey kebutuhan peran konselor dalam pendidikan pra sekolah di Tumble Tots Bintaro Jaya, Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta : Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta,2011.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peran konselor seperti apa yang dibutuhkan dalam pendidikan pra sekolah di Tumble Tots Bintaro Jaya, Jakarta Selatan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang bersifat deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan orang tua Tumble Tots Bintaro Jaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh sejumlah 41 orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner / angket tertutup dalam bentuk dikotomi yang berisi 35 butir pertanyaan. Uji Validitas secara empiric menggunakan rumus Point biserial dengan rpbi =0,284 pada = 0,05 dan n = 48 menghasilkan 24 butir valid dan 11 butir tidak valid / drop. Sedangkan reliabilitas instrument diukur dengan menggunakan rumus Kr 20, menghasilkan r11 = 0,881 yang berarti instrument tersebut reliabel. Data hasil penelitian menunjukan bahwa survey kebutuhan peran konselor pada pendidikan pra sekolah di Tumble Tots Bintaro Jaya, secara keseluruhan menunjukkan bahwa kebutuhan konselor menurut kepala sekolah adalah sebesar 79,17%, untuk guru sebesar 81,25% dan untuk orang tua 64,52%. Kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Tumble Tots Bintaro Jaya membutuhkan adanya peran konselor karena terdapatnya beberapa siswa Tumble Tots Bintaro Jaya yang perkembangannya tidak maksimal dan seimbang baik secara kognitif, afektif, atau pun psikomotorik. Implikasi penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai salah satu masukan bagi pihak sekolah, baik kepsek, guru, atau pun orang tua dalam pengembangan diri anak dengan menjadikan peran konselor sebagai mitra guru dalam proses pendidikan pra-sekolah Adapun saran yang dapat diberikan kepada pihak sekolah, orang tua dan mahasiswa adalah mengalokasikan waktu agar anak – anak prasekolah dapat berkembang dengan seimbang dan maksimal baik dari aspek kognitif, afektif atau pun psikomotorik.
Bibliografi : lembar 75-76~No Inv.: 1227/S/Perp/12/1c
SW00011382 | SW 11382 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2011.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain